4 Manfaat Steril Kucing Jantan Selain Berhenti Bereproduksi

Andrygmv.net – Seperti apa manfaat mensterilkan kucing jantan? Tak hanya untuk teman setia Anda dan juga Anda pemiliknya, manfaat steril kucing jantan menawarkan lebih sedikit hal yang tidak diinginkan dan dikhawatirkan.

Mensterilkan (atau memandulkan) adalah proses yang dilakukan oleh dokter hewan kucing Anda untuk membuatnya mandul. Ketika kucing jantan disterilkan, prosesnya disebut sterilisasi. Ketika kucing betina menerima perlakuan yang sama, itu disebut spaying (salah satu prosedur sebagai sterilisasi).

Proses ini mungkin sulit untuk diterima, tetapi tidak ada cukup rumah untuk menampung kucing yang saat ini membutuhkan adopsi. Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), 3,4 juta kucing memasuki tempat penampungan setiap tahun. Dengan mensterilkan kucing jantan, Anda akan membantu mengurangi kelebihan populasi kucing ini. Lebih penting lagi, bagaimanapun, memandulkan dan mensterilkan membantu kucing jantan hidup lebih sehat dan lebih lama.

Manfaat Steril Kucing Jantan

Baca Juga:
Anies Kenalkan si Lego, Kucing Berkaki Tiga yang Ditemukan di Pasar

Berikut ini beberapa manfaat steril kucing jantan yang perlu Anda ketahuiseperti dirangkum dari laman Hills Pet, Minggu (9/1/2022).

1. Mencegah Penyakit

Memandulkan kucing betina Anda sebelum siklus estrus pertamanya sangat mengurangi risiko kanker serviks dan menghilangkan risiko kanker ovarium. Karena pengangkatan indung telur mengurangi kadar hormon yang mendorong pertumbuhan tumor kanker, memandulkan juga mengurangi risiko kanker payudara pada kucing.

Perlu diketahui ada penyakit lain akibat perilaku alami kucing saat kawin. Leukemia kucing dan AIDS kucing adalah dua penyakit yang menyebar melalui gigitan kucing yang terinfeksi ke kucing lain.

Menurut Rumah Sakit VCA, kedua penyakit ini berbeda dari AIDS manusia dan leukemia, dan tidak dapat ditularkan dari kucing ke manusia. Dengan mengurangi keinginan kucing untuk memperebutkan pasangan dan wilayah, Anda juga akan mengurangi kemungkinan terdampak penyakit yang tidak dapat disembuhkan ini dari kucing lain.

Baca Juga:
Viral Kucing Santap Daging Babi, Netizen Heboh Soal Halal-Haramnya

2. Mengurangi Perkelahian

Kucing jantan yang tidak dikebiri didorong oleh hormon untuk mencari pasangan dan mempertahankan wilayah mereka dari penyusup. Jadi, dua atau lebih kucing jantan yang tidak dikebiri dalam satu rumah bisa menimbulkan masalah. Perkelahian cenderung terjadi, terutama jika ada kucing betina yang sedang birahi di dekatnya. Dengan begitu, manfaat steril kucing jantan, Anda akan mengurangi naluri agresifnya.

3. Mengurangi Risiko cedera 

Saat kucing betina birahi, hormon dan instingnya mendesaknya untuk mencari jodoh. Dan jika dia adalah satu-satunya kucing Anda, dia akan mencoba melarikan diri setiap kali Anda membuka pintu. Ingatlah bahwa kucing jantan juga didorong oleh hormon dan naluri kawin, dan akan mencoba yang terbaik untuk melarikan diri untuk alasan yang sama.

Baik kucing jantan maupun betina berisiko cedera di luar ruangan saat mereka menyeberang jalan dan jalan raya untuk kawin. Dengan mengebiri kucing jantan Anda, Anda akan mengurangi nafsu berkelana kucing ini dan mendapati mereka senang tinggal di tempat yang aman dan nyaman di sebelah Anda di sofa.

4. Rumah Selalu Bersih

Kucing jantan menyemprotkan urin mereka pada permukaan vertikal untuk menandai wilayah mereka. Sementara itu, bau menyengat dari urin kucing yang tidak dikebiri memperingatkan pejantan lain bahwa ada pejantan lain di dekatnya yang telah mengklaim daerah itu sebagai wilayahnya.

Tanda ini juga memberi tahu betina bahwa dia menunggu kesempatan untuk kawin dengan kucing jantan. Kucing jantan yang tidak disteril di rumah Anda bisa menjadi urusan yang cukup berantakan. Manfaat steril kucing jantan akan mengurangi atau menghilangkan keinginan untuk menyemprot urin yang mengotori rumah Anda.

Kucing betina juga mengeluarkan cairan tubuh saat mereka kepanasan. Cairan ini juga mengandung aroma untuk mengingatkan jantan bahwa ada kucing betina subur di dekatnya. Dengan memandulkan kucing betina Anda, Anda akan menghilangkan masalah yang sama.

Itulah beberapa manfaat steril kucing jantan yang perlu Anda ketahui.