4 Cara Melawan Kecanduan Media Sosial

Andrygmv.net – Bermain media sosial kerap menjadi cara menghabiskan waktu bagi masyarakat modern. Tapi jika sudah kecanduan media sosial, maka saatnya mengambil jeda dan beristirahat sejenak.

Yah, meskipun atasi kecanduan media sosial tidaklah mudah dan butuh perjuangan. Menurut American Society of Addiction Medicine, kecanduan adalah perilaku yang terus berlanjut dan berdampak negatif.

Perlu diketahui juga berinteraksi di media sosial bisa merangsang hormon dopamin di otak, yang efeknya serupa dengan narkoba atau alkohol.

Nah jika sudah sulit berhenti, berikut ini langkah melawan kecanduan media sosial, mengutip Insider, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga:
Ingin Mencoba Istirahat dari Media Sosial? Ikuti Tips Ini

1. Tak Buka Media Sosial
Cobalah menantang diri sendiri untuk tidak membuka media sosial secara perlahan. Misalnya dalam durasi tertentu atau selama seminggu pertama tidak buka media sosial.

Tindakan ini dibenarkan dalam studi 2019, yang menemukan siswa yang tidak buka media sosial selama lima hari mengalami ketenangan batin, meskipun beberapa khawatir ketinggalan tren.

2. Nonaktifkan atau Hapus Aplikasi
Beberapa orang membuka media sosial tanda berpikir, jadi cobalah buat penghalang seperti mematikan notifikasi. Jika tidak melihat ikon atau notifikasi maka, sedikit kemungkinan Anda membuka media sosial.

3. Tetapkan Batasan dan Harus Dipatuhi
Buatlah handphone Anda bisa melihat sudah berapa lama Anda menghabiskan waktu di aplikasi media sosial.

Tetapkan batas waktu bermain di media sosial dan patuhilah, bisa juga gunakan aplikasi yang akan memblokir media sosial secara otomatis saat Anda sudah mencapai batas.

Baca Juga:
Potret Kocak Tulisan Bak Truk Bikin Kaum Jomblo Optimis saat Naksir Orang, Ini Sebabnya

4. Alihkan dengan Hobi dan Aktivitas Lainnya
Hobi atau aktivitas menyenangkan biasanya akan membantu mengekang keinginan untuk bermain media sosial.

Tujuannya agar Anda bisa mengisi waktu luang, dengan hal-hal yang bisa lebih dinikmati dengan baik untuk diri Anda, yang hasilnya waktu bermain media sosial akan sedikit berkurang.

Demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan guna menekan hasrat bermain media sosial. Semoga informasi tersebut bermanfaat.