3 Bahan Dasar Kaca Film Mobil, Kelebihan dan Kekurangannya

Andrygmv.net —

Sinar matahari yang masuk ke dalam mobil kerap terasa mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan kaca film demi mengurangi efek panas dari sinar matahari.

Ada beberapa bahan dasar kaca film mobil yang ada di pasaran. Beda bahan dasar, beda pula manfaat yang didapat.

Pada dasarnya kaca film memiliki beberapa manfaat. Manfaat kaca film yang utama adalah mengurangi intensitas cahaya masuk. Efek panas dari terik sinar matahari dapat mengganggu perjalanan.

Selain itu, pemasangan kaca film juga berguna bagi Anda yang ingin menjaga privasi. Kaca film yang gelap membuat orang yang berada di luar tak dapat melihat aktivitas di dalam mobil.

Pemilihan kaca film sendiri biasanya dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan, yakni visibilitas, kemampuan menolak panas, hingga terang-gelapnya jendela. Pemilihan tergantung kebutuhan dan selera Anda.

Bahan Dasar Kaca Film Mobil




Hand on handle. Close-up of woman hand opening a car door with sunlight effect.Ilustrasi. Ada beberapa bahan dasar kaca film mobil yang biasa digunakan. (iStockphoto/oatawa)

Ada tiga bahan utama yang biasa digunakan. Ketiga bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut tiga bahan dasar kaca film mobil yang perlu Anda ketahui, mengutip berbagai sumber.

1. Nano metal

Nano metal merupakan bahan dasar dengan kemampuan tolak panas yang bagus. Dalam kondisi prima, warna yang dihasilkan juga cukup bagus.

Namun, di balik kemampuannya itu, bahan satu ini mempunyai kekurangan. Nano metal bisa menghambat sinyal dan sensor yang ada di kabin mobil.

Pada mobil-mobil modern, sensor ini umumnya berupa fitur auto headlamp dan wiper. Keberadaan kaca film berbahan nano metal berisiko mengganggu kerja sensor.

2. Nano ceramic

Yang kedua adalah nano ceramic. Bahan satu ini memiliki kemampuan tolak panas yang hampir sama dengan nano metal.

Tak hanya itu, nano ceramic juga memiliki warna yang gelap jika dilihat dari luar. Kelebihan ini berfungsi bagi Anda yang ingin menjaga privasi di dalam mobil. Dengan kaca film yang gelap, keamanan juga jadi lebih terjaga.

Namun, bahan satu ini memiliki kekurangan dari segi visibilitas. Tingkat visibilitas dari dalam kabin mobil ke luar akan berkurang.

3. Nano carbon

Bisa dibilang, nano carbon merupakan bahan dasar yang paling baik. Nano carbon memiliki kemampuan tolak panas yang tinggi, juga dengan visibilitas yang jernih.

Hanya saja, tingkat kegelapan nano carbon lebih rendah dibanding lainnya. Dengan kata lain, kaca film yang terbuat dari nano carbon akan terlihat lebih bening dari luar. Orang dari luar dapat dengan mudah melihat aktivitas di dalam mobil.

Demikian bahan dasar kaca film mobil yang tersedia saat ini. Pilih-lah berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda.

(asr)

[Gambas:Video CNN]


Tags: