2022 Bebas dari Jeratan Hutang, Yuk Terapkan 3 Tips Sehat Finansial Berikut!

Andrygmv.net – Menjelang pergantian tahun, banyak resolusi tahun baru yang dipanjatkan. Salah satunya mungkin tercapainya kesehatan finansial di tahun yang baru.

Tidak ada lagi hutang yang menjadi beban harian dan menggerogoti dana kebutuhan hari-hari.

Dikutip dari siaran pers PT Bank Maybank Indonesia, Tbk, Rabu (29/12/2021), berikut ini 3 tips sederhana mencapai kesehatan finansial sebagai resolusi tahun 2022.

1. Siapkan Strategi Lunasi Hutang dan Cicilan
Salah satu penghalang terbesar dalam mencapai kesehatan finansial adalah kondisi hutang dan cicilan. Tajamkan fokus untuk mengatur strategi yang lebih bijak dalam melunasi hutang dan cicilan.

Baca Juga:
Tahun Baru Resolusi Baru, Ini 5 Cara Mulai Kebiasaan Gaya Hidup Lebih Sehat

Kemudian, perbaiki pengelolaan keuangan dengan membedakan rekening transaksi dan rekening tabungan. Disarankan juga, usahakan rekening tabungan uang dibuat sulit untuk diambil.

Bisa juga dengan menyediakan rekening khusus untuk transaksi harian, seperti untuk belanja, bayar listrik, transfer antar bank dan sebagainya.

2. Bebas Hutang dengan Perhatikan Pos Pengeluaran
Tidak ada kata terlambat untuk memulai komitmen menuju goal kesehatan finansial ideal. Beberapa indikasi kondisi finansial sehat paling umum adalah tidak ada hutang, dana darurat berkecukupan, dan perencanaan dana pensiun makmur.

Cita-cita tersebut tidak hanya dapat dicapai cukup dengan menabung saja, tetapi juga dengan memperhatikan pos-pos pengeluaran kecil, seperti biaya administratif perbankan.

Sebisa mungkin pikirkan pos pengeluaran terkecil, dari mulai mencatat keuangan rutin hingga mencatat biaya administrasi setiap transaksi, agar bisa dievaluasi di kemudian hari, apa yang bisa dikurangi atau mencari pemasukan tambahan.

Baca Juga:
Jadi Cara Ikhtiar, Ini Bacaan Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW

3. Nikmati Proses Menuju Finansial Sehat
Pintar mengelola keuangan menuju dompet sehat harus juga didukung oleh semangat yang tidak padam.

Ketika journey menuju finansial sehat dijalankan dengan merana, maka akan ada kecenderungan untuk revenge shopping dengan berbelanja lebih boros lagi.

Oleh karena itu journey yang menyenangkan dalam menabung menjadi sangat penting untuk menuju finansial yang sehat.