2 Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Andrygmv.net —

Peretasan akun media sosial seperti WhatsApp dapat dialami pengguna. Meskipun WhatsApp dilengkapi sistem keamanan terenkripsi end-to-end dan verifikasi dua langkah, namun peretas mungkin saja bisa menyusup ke akun dan mengekstrak data pribadi.

Apabila akun WhatsApp Anda sudah telanjur dibajak, masih ada kesempatan untuk mendapatkannya kembali. Simak dua cara mengembalikan WhatsApp yang dibajak berikut ini.




Ilustrasi WhatsApp. CNNIndonesia/Safir MakkiCara mengembalikan WhatsApp yang dibajak (Ilustrasi Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

1. Lapor ke pusat bantuan WhatsApp

Dilansir dari situs resminya, cara mengatasi WhatsApp yang dibajak bisa dengan mengirimkan email pelaporan ke pihak WhatsApp di [email protected]

Tulis email dengan subject bahwa akun WA Anda di-hack, misalnya: “My WhatsApp account got hacked“.

Dalam laporan tersebut, tuliskan kronologi disertai bukti tambahan seperti screenshot akun dan masalah yang dialami.

Kemudian lengkapi nomor telepon Anda yang digunakan untuk WhatsApp dengan diawali nomor kode internasional Indonesia (+62).

Usai membuat laporan, pihak WhatsApp akan segera medeaktivasi akun atau menonaktifkan akun sementara. Tunggu hingga ada pemberitahuan untuk bisa kembali mengaktifkan akun WhatsApp Anda.

2. Install ulang Whatsapp

Cara mudah mengembalikan WhatsApp yang dibajak selanjutnya adalah dengan menginstal kembali aplikasi WhatsApp di HP.

Pertama, uninstall atau hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel, kemudian install kembali dan log in dengan memasukkan nomor telepon seperti biasa.

Kemudian akan muncul verifikasi berupa kode OTP yang dikirim melalui SMS langsung ke nomor HP Anda tadi, kemudian masukkan kode OTP tersebut.

Setelah Anda berhasil masuk ke WhatsApp, akun di tangan peretas akan secara otomatis keluar (log out) dan akun WhatsApp akan kembali pulih.

Kode OTP ini sebagai pengaman sehingga hacker atau peretas tidak diberi kesempatan untuk mendeteksi password tersebut.

Setelah memasukkan kode OTP dan Anda bisa masuk ke akun WhatsApp, segera lakukan pencegahan tambahan dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah

Fitur verifikasi dua langkah (two-step verification) merupakan proteksi tambahan yang bertujuan agar akun WhatsApp Anda tidak berpindah ke tangan peretas.

Ketika melakukan aktivasi two-step verification, pengguna WhatsApp akan diminta memasukkan enam digit PIN.

PIN rahasia pada two-step verification ini berfungsi sebagai kunci akses, apabila penggunanya mengganti HP di kemudian hari.

Verifikasi dua langkah terbilang cukup aman dari peretas. Fitur ini memberikan pengamanan ganda pada akun media sosial termasuk WhatsApp agar terhindar dari pembajakan. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Masuk ke Profil WhatsApp, lalu pilih Pengaturan
  • Pilih Akun, lalu klik Autentikasi Dua Langkah
  • Aktifkan fitur ini dengan memasukkan 6 digit kode PIN
  • Setelah Autentikasi Dua Langkah diaktifkan, masukkan 6 digit kode PIN ini ketika log in pada perangkat atau gadget yang berbeda

Demikian cara mengembalikan WhatsApp yang dibajak. Pengembalian akun WhatsApp yang di-hack dapat dengan cepat tertangani, asalkan korbannya segera melapor ke pusat bantuan dan mengikuti cara di atas.

(fef)

[Gambas:Video CNN]