12 Manfaat Kesehatan Kayu Manis Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat kayu manis bagi kesehatan

Kayu manis adalah salah satu rempah tertua yang dikenal. Ini dihasilkan dari kulit pohon kayu manis kecil yang tumbuh di India, Indonesia, Vietnam dan Brasil. Namun dari empat varietas utama kayu manis, Ceylon adalah yang paling populer dan kadang-kadang disebut kayu manis sejati. Ini menetapkan standar untuk rempah-rempah.

Seperti kebanyakan rempah-rempah, penelitian medis untuk kayu manis masih dilakukan. Beberapa bidang di mana penelitian telah menunjukkan efek positif adalah:

1. Kontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis memiliki efek positif pada kadar gula darah. Kayu manis adalah obat alami populer yang digunakan oleh orang yang menderita diabetes tipe 2.

2. Penyakit Jantung

Kayu manis memperkuat sistem kardiovaskular sehingga melindungi tubuh dari gangguan terkait jantung. Diyakini bahwa kalsium dan serat yang ada dalam kayu manis memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Termasuk sedikit kayu manis dalam makanan membantu mereka yang menderita penyakit arteri koroner dan tekanan darah tinggi.

3. Mengobati sakit Gigi Dan Penyegar Mulut

Kayu manis secara tradisional telah digunakan untuk mengobati sakit gigi dan melawan bau mulut. Potongan-potongan kecil kayu manis dapat dikunyah, atau berkumur dengan air kayu manis yang berfungsi sebagai penyegar mulut yang baik.

4. Mengurangi Gejala Yang Disebabkan Keracunan

Kayu manis memiliki efek antibakteri yang kuat dan sangat baik dalam pengobatan masalah perut yang disebabkan oleh salmonella dan E. coli. Kayu manis bubuk, minyak atau teh kayu manis, efektif menetralkan masalah perut.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kayu manis meningkatkan sirkulasi dan dapat mempercepat metabolisme. Karena itu, Anda akan berhasil dalam pertarungan dengan kegemukan.

6. Meredakan Pilek, Sakit Tenggorokan, Dan Batuk

Teh yang terbuat dari kayu manis atau teh dengan efek kayu manis positif pada masalah yang disebabkan oleh pilek atau sakit tenggorokan, dan dapat meredakan batuk.

7. Meredakan Sakit Kepala

Jika Anda menderita migrain atau sakit kepala biasa, pertolongan pertama bisa berupa teh kayu manis.

8. Memudahkan Siklus Menstruasi

Kayu manis juga bermanfaat bagi kesehatan wanita karena membantu meredakan kram menstruasi dan ketidaknyamanan feminin lainnya.

9. Pereda Nyeri Otot Dan Sendi

Mereka yang makan kayu manis secara teratur sering memberitahu bahwa nyeri otot dan persendian, serta kekakuan, berkurang atau bahkan dihilangkan.

10. Menurunkan Kolestrol

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya 1/2 sendok teh kayu manis yang termasuk dalam makanan sehari-hari dapat menurunkan kolesterol. Kayu manis juga dapat secara signifikan menurunkan LDL kolesterol “jahat”, dan trigliserida (asam lemak dalam darah) dan kolesterol total.

11. Meredakan Gejala PMS

Karena kaya akan mangan, kayu manis adalah cara yang bagus untuk mengurangi gejala PMS yang tidak menyenangkan. Bumbu ini mengurangi kejang dan meredakan ketegangan.

12. Osteoporosis Dan Radang Sendi

Kayu manis kaya akan mangan, yang membantu membangun tulang, darah, dan jaringan ikat di dalam tubuh. Orang yang memiliki sedikit mangan dalam tubuh sering menderita osteoporosis dan radang sendi. Rasa sakit akibat radang sendi dapat membantu memijat minyak kayu manis atau menyeruput teh kayu manis.

Memang, kayu manis memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti yang disorot di atas yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan seseorang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Ini adalah alasan bagus untuk menjaga kayu manis tetap ada.

Namun, ada peringatan yang harus diambil bahwa dosis kayu manis yang berlebihan mungkin tidak bijaksana. Juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil.