10 Manfaat Madu Yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Madu Yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Anda

Tidak hanya rasanya enak, tetapi manfaat kesehatan dari madu sangatlah luar biasa! Bukankah bagus untuk mengetahui bahwa Anda dapat menikmati makanan manis dan menjadi lebih sehat pada saat yang sama?. Madu mentah mempunyai sejumlah unsur mikro dan vitamin seperti A, B1, B2, B6, B12 dan C. Madu memang memiliki anti-oksidan seperti katalase, vitamin C dan Chrysin. Berikut ini manfaat madu yang mengejutkan untuk kesehatan Anda:

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Madu mengandung gula alami yang bertindak sebagai penguat energi bagi tubuh. Glukosa yang terkandung dalam madu mudah diserap oleh darah untuk memberikan energi instan, dan fruktosa akan diserap perlahan oleh tubuh untuk mempertahankan energi.

2. Pemanis Alami

Madu adalah pemanis yang alami seperti yang Anda temukan. Anda mungkin pernah mendengar orang memasukkan madu ke dalam teh mereka daripada gula rafinasi atau pengganti gula dalam masakan. Namun, tetap sadar bahwa madu masih merupakan gula dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

3. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Madu memiliki sifat tertentu yang mencegah pertumbuhan tumor. Antioksidan dalam madu juga dapat melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan menghilangkan penyakit seperti pilek dan flu.

4. Tenangkan Sakit Tenggorokan

Madu adalah penekan batuk. Dalam kasus sakit tenggorokan yang sering menyertai pilek atau batuk, madu adalah pelumas yang ideal untuk tenggorokan. Cobalah berkumur dengan madu untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun perlu diingat bahwa anak-anak di bawah satu tahun sebaiknya tidak mengonsumsi madu, karena dapat menyebabkan keracunan serius pada bayi.

5. Menyembuhkan Mabuk

Madu adalah sumber yang sangat pekat fruktosa, sejenis gula yang mempercepat oksidasi alkohol di hati. Makan madu membantu tubuh Anda menghilangkan alkohol tinggal di tubuh Anda.

6. Melawan Insomnia

Madu merupakan karbohidrat untuk pencernaan lemak dalam tubuh dengan merangsang pelepasan insulin dan tindakan ini merangsang triptofan (senyawa yang membuat kita mengantuk). Jika Anda sulit tidur, minum segelas susu hangat dengan madu sebelum tidur. Panas dari susu panas meningkatkan efek triptofan.

7. Madu Sebagai Obat Demam

Jika Anda menderita demam, madu yang diproduksi secara lokal dapat membantu meringankan gejala Anda. Semua madu mengandung bee pollen (serbuk sari lebah) yang menyebabkan alergi terhadap debu, serbuk sari atau ketombe di udara (demam hay). Jadi jika Anda mengonsumsi madu dalam jumlah kecil setiap hari, teorinya adalah Anda akan membuat diri Anda menurunkan rasa mudah terpengaruh terhadap alergi Anda.

8. Sembuhkan Luka Dan Luka Bakar

Sifat antibakteri dan antijamur madu menghambat pertumbuhan bakteri. Sebelumnya, rumah sakit dan klinik menerapkan madu pada luka bakar dan luka terbuka untuk mencegah infeksi. Cobalah saat Anda mengalami luka, goresan atau luka ringan, beri sedikit madu pada area yang terluka untuk mencegah infeksi. Namun jangan lupa untuk menutupinya dengan perban. Juga, cobalah salep madu untuk mengurangi rasa gatal.

9. Mencegah Kanker

Mungkin salah satu temuan inovatif tentang madu adalah dapat mencegah kanker. Antioksidan yang ditemukan dalam madu yang disebut flavonoid dapat meningkatkan tingkat antioksidan dalam sel dengan cepat setelah dikonsumsi. Mereka juga bekerja dengan memperkuat pembuluh darah terkecil di tubuh (kapiler) dan membunuh sel-sel tumor.

10. Menurunkan Berat Badan

Madu juga mengandung mineral lain selain gula yang membantu menurunkan berat badan. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam menyingkirkan lemak dan kolesterol. Ada lebih banyak madu daripada yang Anda baca di sini. Manfaat kesehatan dari makan madu cukup banyak sehingga Anda tidak dapat memasukkan semuanya hanya dalam satu artikel.

Ini hanyalah beberapa manfaat madu yang terbukti. Ada banyak kegunaan madu lainnya, tetapi tidak ada keraguan bahwa madu sangat bermanfaat bagi kesehatan – itu benar-benar adalah salah satu hasil keajaiban alam. Semoga Bermanfaat!

About The Author

Reply