10 Makanan Yang Dapat Membantu Anda Terlihat Lebih Muda – Andrygmv.net

10 Makanan Yang Dapat Membantu Anda Terlihat Lebih Muda

Penuaan adalah bagian alami dari kehidupan yang tidak bisa dihindari. Namun, makanan yang Anda makan dapat membantu usia Anda lebih baik, baik di dalam maupun di luar.

Berikut adalah 10 makanan yang dapat membantu Anda terlihat lebih muda.

Makanan Yang Dapat Membantu Anda Terlihat Lebih Muda

  1. Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu lemak tersehat di bumi. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat membantu mencegah banyak penyakit umum yang berhubungan dengan penuaan.

Ini menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mencegah sindrom metabolik dan mungkin efektif dalam memerangi kanker.

Minyak zaitun juga dapat membantu kulit Anda terlihat lebih muda. Penelitian pada hewan dan laboratorium menunjukkan bahwa ia memiliki efek antiinflamasi yang kuat pada kulit dan dapat melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, hampir 73% minyak zaitun terdiri dari lemak tak jenuh tunggal, yang dikaitkan dengan peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit.

Dua studi melihat catatan makanan dan kuesioner yang diisi oleh orang dewasa paruh baya dan yang lebih tua. Mereka menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun paling tinggi kemungkinan memiliki kerusakan akibat sinar matahari yang parah.

  1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang terbentuk selama metabolisme dan sebagai respons terhadap stres. Antioksidan mengubah struktur mereka sehingga mereka tidak dapat menyebabkan kerusakan.

Teh hijau sangat tinggi antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan dan penyakit jantung.

Polifenol juga dapat membantu melindungi kolagen, protein utama di kulit Anda. Ini dapat mengurangi dan bahkan sebagian membalikkan beberapa tanda penuaan.

Dalam sebuah penelitian, wanita dengan kulit yang rusak akibat sinar matahari yang dirawat dengan krim teh hijau dan suplemen selama 8 minggu mengalami sedikit peningkatan elastisitas kulit.

  1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak benar-benar makanan anti penuaan. Lemak omega-3 rantai panjangnya bermanfaat melawan penyakit jantung, radang dan kolitis ulserativa, di antara banyak penyakit lainnya.

Studi menunjukkan bahwa mereka juga dapat melindungi terhadap peradangan dan kerusakan yang terjadi selama paparan sinar matahari.

Salmon, salah satu jenis ikan berlemak paling populer, memiliki komponen tambahan yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih muda. Ini mengandung antioksidan karotenoid yang disebut astaxanthin, yang bertanggung jawab atas warna pink salmon.

Dalam sebuah penelitian, orang dengan kulit yang rusak akibat sinar matahari yang diberi kombinasi astaxanthin dan kolagen selama 12 minggu mengalami peningkatan signifikan dalam elastisitas dan hidrasi kulit.

  1. Cokelat hitam/ Kakao

Profil antioksidan cokelat hitam tidak ada duanya. Itu bahkan lebih kuat daripada acai berry, blueberry dan cranberry.

Penelitian menunjukkan itu dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan fungsi arteri dan elastisitas.

Cokelat mengandung antioksidan yang disebut flavanol, yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, jumlah flavanol bervariasi secara signifikan di antara berbagai jenis cokelat.

Satu studi menunjukkan bahwa cokelat hitam flavanol tinggi menggandakan jumlah waktu orang bisa tinggal di bawah sinar matahari sebelum berubah menjadi merah. Ini tidak terjadi pada orang yang makan cokelat dengan flavanol lebih sedikit.

Dalam penelitian lain membandingkan kakao flavanol tinggi dan flavanol rendah pada fungsi kulit, orang-orang dalam kelompok flavanol tinggi mengalami aliran darah yang lebih baik ke kulit dan peningkatan ketebalan, hidrasi dan kehalusan.

Ingat, semakin tinggi kandungan kakao, semakin tinggi kandungan flavanol. Jadi, pastikan untuk memilih cokelat hitam dengan setidaknya 70% padatan kakao.

  1. Sayuran

Sayuran sangat padat nutrisi dan sangat rendah kalori. Mereka mengandung antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, katarak dan kanker.

Banyak sayuran juga mengandung karoten tinggi seperti beta karoten. Ini dapat melindungi terhadap radiasi matahari dan radikal bebas, yang keduanya dapat menyebabkan penuaan kulit. Beberapa sumber beta karoten terbaik adalah wortel, labu dan ubi jalar.

Banyak sayuran juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk produksi kolagen dan memiliki efek antioksidan yang kuat.

Dalam satu studi, ketika orang diberi 180 mg vitamin C setiap hari selama 4 minggu, aktivitas antioksidan kulit mereka meningkat sebesar 37%.

Sayuran dengan kandungan vitamin C tertinggi termasuk sayuran berdaun hijau, paprika, tomat, dan brokoli.

Dalam studi lain, para peneliti mengukur elastisitas dan kualitas kulit lainnya di lebih dari 700 wanita Jepang. Mereka menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayuran hijau dan kuning memiliki lebih sedikit kerutan.

  1. Biji rami

Biji rami memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Mereka mengandung lignan, yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah dan insulin, sekaligus mengurangi risiko kanker payudara dan prostat.

Mereka juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang disebut ALA, yang melindungi kulit Anda dari radiasi matahari dan dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Dalam studi terkontrol, wanita yang mengkonsumsi biji rami atau minyak rami selama 12 minggu menunjukkan perbaikan hidrasi dan kulit lebih halus.

  1. Buah Delima

Buah delima adalah salah satu buah yang paling sehat. Aktivitas antioksidan mereka tampaknya bahkan lebih tinggi daripada teh hijau.

Delima mengurangi peradangan, membantu mencegah kerusakan dari kadar gula darah tinggi dan dapat meningkatkan hasil pada pasien dengan kanker usus besar. Mereka juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Terlebih lagi, para peneliti menyarankan bahwa bagian delima yang berbeda dapat bekerja sama untuk memperbaiki kulit yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen.

  1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak, serat dan beberapa vitamin dan mineral yang menyehatkan bagi jantung. Rasanya juga enak dan sangat serbaguna.

Selain itu, alpukat mengandung senyawa unik yang disebut alkohol lemak polihidroksilasi. Ini dapat melawan peradangan, melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan antioksidan lutein dan zeaxanthin memberikan perlindungan kulit dan DNA tambahan.

  1. Tomat

Tomat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya dapat dikaitkan dengan kandungan likopen yang tinggi.

Likopen adalah jenis karotenoid yang mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker prostat. Studi menunjukkan bahwa itu juga dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang merusak.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi campuran makanan tinggi likopen dan antioksidan tanaman lainnya mengalami penurunan kedalaman kerutan setelah 15 minggu.

Memasak tomat dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun, secara signifikan meningkatkan penyerapan likopen ke dalam tubuh.

  1. Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya menambah rasa pada makanan Anda. Mereka juga mengandung berbagai senyawa tanaman yang mungkin memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan Anda.

Menariknya, penelitian menunjukkan beberapa rempah bahkan dapat membantu kulit Anda terlihat lebih muda.

Kayu manis telah terbukti meningkatkan produksi kolagen, yang dapat menyebabkan peningkatan kekencangan dan elastisitas kulit.

Ini juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang terjadi sebagai akibat dari produk akhir glikasi lanjut (AGEs), yang terbentuk ketika kadar gula darah tinggi.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa capsaicin, yang ditemukan dalam cabai, dapat mengurangi beberapa perubahan terkait usia yang terjadi pada sel-sel kulit.

Selanjutnya, jahe mengandung gingerol. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah timbulnya bintik-bintik penuaan akibat paparan sinar matahari.

Kesimpulan

Sayangnya, tidak ada cara untuk memutar balik waktu. Namun, makanan dalam daftar ini dapat meningkatkan fungsi kulit Anda dan membantu Anda terlihat lebih muda.

Mereka juga akan membantu Anda tetap sehat dan terlihat lebih muda seiring bertambahnya usia.

About The Author