10 Makanan Penurun Kolesterol, Ada Oatmeal hingga Ikan Berlemak

Andrygmv.net – Makanan dalam diet rendah kolesterol dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Makanan penurun kolesterol memiliki partikel pembawa kolesterol berbahaya yang berkontribusi pada aterosklerosis penyumbatan arteri. Ini adalah cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol.

Tambahkan makanan penurun kolesterol LDL ini

Makanan yang berbeda jenisnya bekerja menurunkan kolesterol dengan berbagai cara. Beberapa mengandung serat larut, yang mengikat kolesterol dan prekursor dalam sistem pencernaan dan menyeret mereka keluar dari tubuh sebelum mereka masuk ke sirkulasi darah.

Beberapa makanan penurun kolesterol memberi Anda lemak tak jenuh ganda yang secara langsung menurunkan LDL (low density lipoprotein). Selain itu, beberapa mengandung sterol dan stanol, yang menghalangi tubuh menyerap kolesterol.

Baca Juga:
Kuku Kaki Begini, Waspada Tanda Kolesterol Tinggi

Dilansir dari Harvard Health Publishing, Kamis (2/12/2021), berikut daftar makanan penurun kolesterol:

1. Oatmeal

Makanan sederhana untuk menurunkan kolesterol adalah semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat dingin untuk sarapan. Oat ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi.

Takaran semangkuk oat ini direkomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Barley dan biji-bijian lainnya

Baca Juga:
5 Cemilan Berkalori Ini Aman Dikonsumsi untuk Diet

Seperti gandum dan dedak gandum, barley dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang mereka berikan.