10 Idol Korea Selatan Dengan Hak Cipta Lagu Terbanyak

Meski banyak management yang memilih untuk membeli karya komposer untuk para artis-artisnya, tak jarang pula para artis itu sendiri yang menulis lagu dan menjadi komposer untuk dia nyanyikan atau untuk grupnya bawakan. Hal itu membuat mereka memiliki copyright atau hak cipta dari lagu yang mereka buat atas namanya. Orang yang berkarya dalam musik, tak terkecuali idol kpop yang memiliki hak cipta akan terdaftar dalam Korea Music Copyright Association. Menurut daftar yang dirilis 30 september lalu, G-Dragon Bigbang memang nyaman berada diposisi pertama idol korea yang memiliki hak cipta lagu terbanyak dengan 172 lagu

Berikut idol kpop yang memiliki copyright terbanyak

1. G-Dragon ‘Bigbang’ (172 lagu)

G-Dragon 'Bigbang'

Leader Bigbang satu ini memang cukup sering menciptakan lagu, tidak hanya untuk dibawakan dirinya ataupun untuk grupnya tetapi ia juga menciptakan lagu untuk artis lain seperti IKON – Miss You So Bad dan ikut menulis lirik salah satu lagu IU berjudul Pallete.

2. Junhyung ‘Highlight’ (150 lagu)

Junhyung 'Highlight'

Tidak hanya pandai dalam menyanyi dan menari saja, Junhyung juga banyak menciptakan lagu. Sebelum keluar dari Cube Entertainment, Junhyung bahkan menciptakan lagu untuk artis lain seagensinya, yaitu 4MINUTES. Ia mencipatak lagu ‘Fiction‘ untuk grupnya yang mendapatkan banyak dukungan dari para fans, ia juga menciptakan lagu berjudul ‘Special‘ untuk 4Minutes dan lagu ‘HUH‘ untuk single solo HyunA, salah seorang personel 4Minutes.

3. Ravi ‘VIXX’ (122 lagu)

Ravi 'VIXX'

Rapper utama dari grup band VIXX ini tidak hanya pandai dalam bernyanyi maupun dance, tetapi ia juga banyak menciptakan lagu. Bukan hanya lagu untuk proyek solo maupun grupnya tetapi ia juga membuat lagu untuk idol lain. Dilansir dari Soompi, Ravi mengungkapkan bahwa pendapatannya sebagai pencipta lagu tidaklah stabil.

4. Zico (121 lagu)

Zico

Zico yang memiliki nama asli Woo Ji Ho ini merupakan penyanyi rap asal korea selatan dan merupakan leader dari salah satu idol grup kpop Block B. Namun kabarnya ia akan meninggalkan Block B dan tidak akan memperpanjang kontraknya dengan agensi. Zico telah banyak memproduksi musik untuk aliran hip-hop dan kpop.

5. Bang Yong Guk (112 lagu)

Bang Yong Guk

Bang Yong Guk yang banyak dikenal sebagai rapper, penyanyi dan penulis lagu asal korea selatan. Ia juga dikenal sebagai leader dan rapper idol kpop B.A.P dari agensi TS Entertainment. Ia telah banyak menciptakan lagu untuk solo dirinya dan untuk grupnya. Namun pada 23 agustus kemarin ia meninggalkan grupnya dan tidak memperbarui kontraknya dengan agensi.

6. RM ‘BTS’ (110 lagu)

RM 'BTS'

Leader, rapper sekaligus produser dari idol grup yang sedang naik daun yaitu ‘BTS’ ini banyak menciptakan lagu untuk solo, sub unit maupun untuk grupnya.

7. Ilhoon ‘BTOB’ (90 lagu)

Ilhoon 'BTOB'

Rapper dari idol kpop BTOB ini banyak menciptakan lagu untuk proyek solo, grupnya, maupun grup idol kpop lain. Bulan Maret kemarin ia baru saja membuat debut solonya dengan merilis mini album berjudul ‘Big Wave‘ yang mana lagu dari album tersebut ditulis oleh ilhoon sendiri. Selain itu ia juga menciptakan lagu berjudul ‘Beautiful‘ untuk grup boy seagensinya, Pentagon.

8. Yonghwa ‘CNBLUE’ (87 lagu)

Yonghwa 'CNBLUE'

Jung Yong Hwa yang memiliki bakat dalam bermain musik dari mulai gitar hingga piano. Yonghwa juga pandai dalam menciptakan lagu, termasuk mengaransemen melodinya. Ia juga banyak menciptakan lagu untuk grupnya dan untuk grup lain seperti ‘Love Is Only You‘ oleh AOA.

9. Junho ‘2PM’ (81 lagu)

Junho '2PM'

Junho yang merupakan vocal utama dalam grup kpop 2PM ini pandai dalam menulis dan memproduksi lagu untuk proyek solo maupun untuk grupnya.

10. Jonghyun ‘SHINee’ (79 lagu)

Jonghyun 'SHINee'

Kepergian personel SHINee, Jonghyun menyisakan duka yang mendalam bagi para penggemarnya diseluruh penjuru dunia. Meskipun begitu, karya dari Jonghyun tetap dikenang oleh para penggemar dan penikmat musik korea. Meski dirinya telah tiada, namun lagu yang telah dibuat dirinya masih masuk 10 besar dalam daftar idol korea yang memiliki lagu terbanyak dalam Korea Music Copyright Association.

About The Author

Reply