10 Cara Alami Mengobati Mulas Sakit Perut Selama Kehamilan

cara mengatasi perut mulas saat hamil

Apakah Anda menderita mulas selama kehamilan? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak wanita mengalami mulas saat mereka hamil, dan ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya.

Hormon memengaruhi banyak hal yang terjadi di tubuh Anda, bahkan sistem pencernaan Anda! Katup antara perut dan kerongkongan lebih rileks karena tingkat progesteron yang lebih tinggi, menyebabkan lebih banyak asam muncul. Jika Anda mengalami lebih banyak mulas pada akhir kehamilan Anda, itu mungkin disebabkan oleh sesak di rongga perut.

Berita baiknya adalah ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi mulas pada kehamilan! Cobalah beberapa hal berikut sebelum beralih ke pengobatan:

1. Makan Daging Tanpa Lemak

Daging cenderung menjadi sumber utama lemak dalam makanan kita, terutama jika Anda mendambakan rendang dan bakso selama kehamilan! Kandungan lemak yang tinggi dari daging seperti ini dapat menyebabkan mulas menjadi lebih buruk.

2. Katakan Tidak Pada Gorengan

Itu benar, makanan yang digoreng tidak hanya buruk bagi Anda tetapi juga dapat membuat Anda merasa buruk ketika datang ke mulas. Ini termasuk ayam goreng, kentang goreng, acar goreng (ya, itu memang ada!), Atau apa pun yang digoreng!

3. Hindari Alkohol

Anda harus tetap melakukan hal ini selama kehamilan, tetapi alasan selain kesehatan bayi Anda adalah fakta bahwa hal itu dapat memperburuk sakit mulas pada perut Anda.

4. Hati-hati Dengan Kopi

Meskipun Anda mungkin sudah membatasi hal ini karena alasan lain selama kehamilan, mungkin mulas dapat menjadi faktor pendorong lain.

5. Lewati Rempah-rempah

Bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya dapat memperparah mulas Anda, jadi cobalah menghentikannya sebentar untuk melihat apakah itu membantu.

6. Simpan Coklat Untuk Acara-acara Khusus

Meskipun Anda mungkin mendambakan coklat selama kehamilan, cobalah untuk menentukan apakah itu dapat menyebabkan mulas Anda sebelum memanjakan diri. Anda mungkin akhirnya menyesalinya nanti!

7. Hati-hati Terhadap Karbonasi

Anda mungkin perlu menjadikan air sebagai minuman utama Anda, karena minuman berkarbonasi merupakan penyebar mulas lainnya.

8. Moderasi Dengan Tomat

Tomat sangat baik untuk Anda, jadi sebelum memutuskan untuk benar-benar menghentikannya dari diet Anda, cobalah untuk menentukan apakah tomat menyebabkan mulas bagi Anda. Tomat adalah penyebab umum mulas bagi sebagian orang.

9. Makan Dalam Suasan Yang Lebih Santai

Stres sebenarnya dapat menyebabkan mulas menjadi lebih buruk, jadi cobalah untuk menghindari subjek yang stres di meja makan.

10. Temukan Cara Untuk Menghilangkan Stres

Berjalan-jalan santai, mendengarkan musik santai, atau melakukan apa pun yang membantu Anda merasa tenang. Ini dapat membantu dalam pertempuran mulas Anda.

Bahkan jika Anda perlu minum obat untuk meredakan mulas, perubahan gaya hidup ini dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan Anda!