Wisata Edukasi Anak di Indonesia yang Bertemakan Peternakan

Mengajak sang buah hati berwisata ke peternakan dan diajak langsung untuk berinteraksi dengan hewan ternak

Belajar adalah sesuatu hal yang sangat lah penting untuk dilakukan semua orang, terutama untuk anak dalam rangka mempersiapkan dirinya di masa depan. Karena setiap manusia akan dituntut untuk menjadi pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Sayangnya, untuk beberapa anak belajar di sekolah adalah sesuatu yang membosankan. Maka dari itu sebagian orang tua selalu mensiasati hal ini dengan membawa anaknya pergi berlibur di libur nasional atau akhir pekan dan setiap orang tua haruslah tetap menjaga kualitas liburan yang diberikan kepada sang buah hati. Pilihan yang tepat adalah dengan mengajak sang anak berlibur ke tempat wisata edukasi yang bertemakan peternakan. Di sebuah wisata peternakan itulah sang anak akan mendapat kenangan yang takkan terlupakan. Ditempat itu pula lah orang tua dapat mengenalkan beberapa hewan ternak serta potensi yang ada pada hewan tersebut, belajar bagaimana cara beternak dan mengolah susu. Selain asik hal ini tentunya akan menambah wawasan dan informasi untuk sang buah hati.

Orang tua dituntut untuk memperkenalkan sang buah hati pada alam sejak usia dini, karena hal ini memiliki banyak manfaat dikemudian hari. Anak akan mencintai alam dengan tidak merusaknya, menghargai setiap hal seperti dari pembuatan makanan yang perlu waktu dan usaha yang relatif tidaklah singkat serta menghargai setiap bidang profesi. Berikut ini adalah beberapa wisata edukasi di Indonesia yang bertemakan peternakan yang akan membuat sang buah hati merasa senang dan mendapatkan banyak wawasan.

Beberapa anak sedang bermain dan belajar bersama hewan ternak kambing di Farmhouse Lembang

1. Farm House Susu Lembang di Bandung
Bandung, sebuah kota yang selalu menawarkan beragam pilihan tempat wisata salah satunya yaitu Farmhouse susu Lembang yang menghadirkan wisata beredukasi bertemakan peternakan. Yang paling menarik dari wisata edukasi ini adalah biaya masuk yang cukup murah yaitu hanya merogoh kocek sebesar Rp.20,000,00 dan sudah termasuk gratis susu/sosis. tentunya hal ini akan membuat sang buah hati gembira. Ditempat inilah sang buah hati dapat mengenal beberapa hewan ternak, memberi makan anak sapi , menyentuhnya bahkan mengelus hewan ternak tersebut serta melihat langsung cara memerah susu. Selain itu, sang buah hati dapat melihat hewan lainnya seperti burung kaka tua, sugar gilder, iguana, kalkun dll. Orang tua juga dapat mengabadikan setiap momen yang dilakukan sang anak dengan memotret setiap kegiatan yang dilakukan.

Seorang anak sedang menunggangi seekor kuda di Milkindo Malang

2. Wisata Edukasi Milkindo Malang
Wisata edukasi terbaru yang berada dikota Malang, tepatnya jalan Kolenel Kusno No 77, Desa Tegalsari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang dengan area peternakan yang luas dan pemandangan yang bagus ini menyajikan berbagai wisata edukasi untuk sang buah hati. Untuk masuk ke tempat wisata ini cukup membayar Rp. 10.000 untuk pengunjung umum dan tarif Rp. 20.000 untuk anak yang akan belajar beternak. Disana anak-anak akan diajak berinteraksi langsung dengan sapi. Mulai dari memberi makan sapi, memerah susu langsung dari sapinya sendiri dan memperlihatkan proses mengolah kotoran sapi menjadi pupuk kompos dan menunggangi kuda. Mengajak anak liburan ke Milkindo adalah pilihan yang tepat orang tua untuk menghabiskan akhir pekan.

Objek wisata Cibugarary di datangi oleh pengunjung terutama anak-anak yang ingin mengenal hewan ternak

3.  Istana Susu Cibugary Pondok Ranggon Jakarta Timur
Jakarta dikenal sebagian orang dengan gedung tinggi yang berjejer dan mall besar. Tapi jangan salah ternyata Jakarta mempunyai pilihan tempat wisata yang edukatif salah satunya yaitu istana susu Cibugary yang terletak di Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke tempat ini adalah memilih diantara 3 paket yang telah disediakan. Harga yang di patok mulai dari 75-150 ribu/orang. Peternakan yang memiliki nuansa taman ini sangat digemari oleh anak-anak karena disana anak-anak dapat belajar memerah susu sapi, melihat proses pengolahan susu setelah diperah, mengetahui manfaat dari susu itu sendiri sampai bagaimana cara membudidayakan ternak sapi.

Suasana indah di peternakan Gundaling farm dan sangat ideal untuk menajak anak anda berwisata dan menambah wawasan di tempat ini

4. Wisata Susu Sapi Segar Berastagi Sumatera Utara
Salah satu peternakan sapi besar yang berada di Brastagi tepatnya di kaki Gunung Sibayak. Peternakan sapi yang terkenal dengan nama Gundaling farm menyuguhkan tempat persinggahan untuk membeli susu segar serta bisa menjadi sarana edukasi bagi sang buah hati dimana mereka bisa langsung melihat proses pemerahan sapi dan langsung mencicipi susu segar yang sudah diproses. Untuk harga susu murni itu sendiri diberi harga Rp 20.000/liter, dan untuk olahan yoghurt harga berkisar Rp 35.000. Keindahan peternakan sapi tersebut bisa dijadikan spot foto yang indah untuk dijadikan kenang-kenangan.

Orangtua sedang mengajak anaknya bermain dan belajar dengan menunggangi kuda di De ranch

5. Wisata Edukasi De Ranch Lembang Bandung
Wisata edukasi dengan pesona berkuda ala cowboy yang berlokasi di jalan Maribaya no 17 Lembang, Bandung, Jawabarat. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kota Bandung ini selalu menyajikan beragam pilihan untuk berwisata terutama wisata edukasi. Di De ranch ini sendiri pengunjung akan diberikan kostum ala cowboy dan diajak mengelilingi padang rumput menungganggi kuda dan hal ini pasti sangat lah menyenangkan bagi sang buah hati dimana ia akan merasakan pengalaman berharga nya menunggangi kuda. Maka dari itu tidak aneh objek wisata ini kini dijadikan tempat favorit oleh semua orang tua untuk mengajak anaknya berwisata dan beredukasi.

Berwisata di alam bebas dipercaya oleh sebagian orang adalah hal baik untuk kesehatan mental, mengurangi stress, meningkatkan daya ingat anak, meningkatkan kreativitas dan kemampuan anak untuk bersosialisasi. Mengunjungi tempat wisata yang sudah dijelaskan tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, karena orangtua pun dapat ikut belajar.

About The Author

Reply