Ucapkanlah Terim Kasih Untuk Diri Sendiri Atas 7 Alasan ini

Hati kita mungkin akan terenyuh saat para sahabat atau keluarga selalu ada disaat yang tepat. Dalam setiap kebaikan yang telah mereka lakukan, kita tidak lupa untuk mengucap terima kasih atas segala bentuk bantuan yang kita terima. Begitu banyak orang yang ada disekitar kita mendapatkan ucapan rasa terima kasih walau hanya lewat kata-kata.

terimakasih untuk diri sendiri

Mungkin kata ‘terima kasih’ sudah terlontar dari mulut kita lebih dari ratusan bahkan ribuan kali, tapi pernahkah kita mengucapkan terima kasih untuk diri kita sendiri? Jarang, bukan? atau malah tidak pernah sama sekali?

Tahukah kita kalau diri kita sendiri juga pantas diberikan apresiasi? Kita mungkin sibuk bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada kita. Tapi kita lupa, kesuksesan dan pencapaian kita juga buah dari usaha dan kerja keras diri kita sendiri. Jangan hanya memberikan rasa terima kasih kepada orang lain, tapi juga berikan apresiasi dan bentuk rasa terima kasih pada diri kita sendiri.
Berikut ini alasan mengapa mengucapkan terima kasih untuk diri kita sendiri adalah hal yang penting untuk kita lakukan.

1. Bentuk rasa syukur kepada Tuhan

bersyukur kepada tuhan
Mengucapkan terima kasih kepada diri kita sendiri merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap hidup kita dan Tuhan yang telah memberikan kita kehidupan. Kehidupan sendiri adalah anugerah yang patut kita syukuri. Bersyukur akan membuat kita lebih menerima segala peristiwa yang terjadi pada hidup kita sehingga kita tidak bertanya-tanya mengapa hal-hal buruk ini terjadi kepada kita, apalagi menyesali apa yang telah terjadi.

2. Berupaya untuk menjadi orang yang lebih baik

menjadi pribadi yang lebih baik
Mengubah dan menghilangkan kebiasaan buruk tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita butuh waktu untuk belajar memperbaiki kesalahan. Dengan sabar, kita perlahan-lahan mulai mengganti kebiasaan tersebut dengan berbagai hal baik lainnya. Hingga akhirnya kini kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Menghargai Usaha Sendiri

menghargai-diri-sendiri
Tidak hanya orang lain, kita juga mengalami kesulitan dalam hidup kita sendiri. Kita mungkin menemukan jalan keluar, tapi kenyataannya kita tidak benar-benar keluar dari masalah kita. Begitu juga dengan tujuan hidup kita, yang terkadang terasa sangat jauh meskipun kita sudah berusaha melakukan yang terbaik sebisa kita. Berterima kasihlah, berterima kasih kepada diri sendiri adalah bentuk menghargai segala usaha kita. Kita melakukannya dengan baik, dan akan terus berusaha mewujudkan mimpi dan keinginan kita.

4. Tidak pernah menyerah

tidak pernah menyerah
Meski sulit, kita selalu menghadapi masalah yang datang silih berganti. Alih-alih menghindar dan lepas tangan, kita justru dengan gagah berani menghadapinya. Meskipun ‘babak belur’, kita tetap tak menyerah mencari solusi terbaik buat kita dan semua orang yang terlibat.

5. Bentuk apresiasi kepada diri sendiri

apresiasi diri
Kita berhasil meraih apa yang kita inginkan, pekerjaan yang kita sukai, jurusan yang kita impikan, teman-teman yang selalu ada untuk kita, kekasih yang mencintai kita atau mungkin sebuah alasan untuk tetap hidup di tengah keinginan kita untuk mengakhiri hidup. Apresiasilah segala bentuk keberhasilan kita dengan kata ‘terima kasih’. Ukuran keberhasilan itu relatif, kadang kita sendiri yang membuatnya terlalu sulit untuk dicapai.

6. Memotivasi untuk mencapai cita-cita

tidak-pernah-menyerah
Ketika teman kita mengucapkan terima kasih kepada kita, kita menjadi termotivasi untuk melakukan kebaikan yang telah kita perbuat untuk teman kita. Sama halnya ketika ‘terima kasih’ itu kita dapatkan dari diri kita sendiri terhadap proses yang kita lalui menuju impian kita, itu akan mendorong kita bekerja lebih keras lagi untuk mencapainya.
Meski belum juga berhasil terwujud 100%, berterima kasihlah kepada diri kita yang terus gigih untuk menggapai mimpi. Tanpa serangkaian usaha dan aksi yang telah kita jalani dari dulu hingga sekarang, kini mimpi dan target kita jadi semakin maju dan besar.

7. Membuat lebih bahagia

lebih-bahagia
Orang lain saja akan bahagia bila kita menghargai usaha mereka dengan bertetima kasih, begitu juga dengan kita. Sebenarnya berterima kasih adalah usaha kita mensyukuri apa saja yang telah kita lalui, apa yang kita miliki, apa yang telah kita lakukan, sehingga masa lalu tidak menghantui hidup kita dan permasalahan bisa menjadi sebuah pembelajaran. Kita akan lebih bahagia dan melihat segalanya dalam sudut pandang positif.

Terima kasih tidak akan membuat kita menjadi orang yang tinggi hati, malah sebaliknya itu akan menjadikan kita pribadi yang rendah hati, lebih bahagia dan berfikir positif.

Mulai hari ini, ketika kita sempat, pandanglah cermin. Lihatlah diri kita berdiri di depan sana. Ucapkan terima kasih untuk diri kita sendiri. Atas segala kebaikan yang kita lakukan untuk hidup kita, tubuh kita dan orang-orang disekitar kita.

About The Author

Reply