Tips Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

 

Tips cara Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah pasti sangatlah tidak nyaman, di samping itu juga dapat menganggu penampilan sehingga dapat membuat kita jadi kurang percaya diri. Sinar matahari atau rendahnya kelembaban udara merupakan salah satu faktor penyebab bibir menjadi kering.

Namun tidak perlu risau, mari kita simak dibawah ini beberapa tips mudah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih
Untuk menjaga kelembapan pada bibir, minumlah air putih yang banyak agar dapat membuat bibir tetap terjaga kesehatannya. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab bibir menjadi kering dan percah-pecah, biasakanlah minum 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air setiap harinya. Dan memang hal ini sangat dianjurkan oleh para dokter, karena selain mencegah dehidrasi  banyak minum air putih juga dapat menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh serta mendukung otot dan sendi.

2. Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Kurangi kebiasaan menjilat bibir
Satu hal lagi yang dapat membuat bibir menjadi semakin kering adalah kebiasaan menjilati bibir sendiri. Mungkin kita berfikir bahwa menjilat bibir akan melembabkan bibir yang kering, padahal kebiasaan ini sangat tidak baik karena air liur akan semakin menambah kekeringan pada bibir. Jadi kurangilah kebiasaan menjilat bibir ini.

3. Jangan sering menggigit bibir

Jangan sering menggigit bibir
Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat bibir mulai terasa kering dan pecah-pecah, padahal kebiasaan ini dapat membuat bibir menjadi terluka dan berdarah. Biarkan bibir kering mengelupas dengan sendirinya, jangan menggigit bibir supaya tidak akan menimbulkan luka yang malah semakin membuat bibir pecah-pecah dan kering.

4. Rajin melakukan Scrub bibir

Rajin melakukan Scrub bibir
Melakukan scrubbing pada bibir termasuk satu hal yang penting untuk dilakukan, karena dapat mengangkat sel kulit mati dan mengurangi pecah-pecah pada bibir. Scrub bibir bisa kita buat sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana yaitu dengan menggunakan madu dan gula pasir.
Caranya, campurkan 2 sendok makan gula pasir dengan 1 sendok teh madu, aduk dengan rata lalu oleskan pada bibir. Lakukan pijatan yang lembut pada bibir dan biarkan 3-5 menit. Bersihkan dengan air hingga bersih dan keringkan dengan handuk bersih dan lembut. Lakukan ini secara rutin dimalam hari sebelum tidur.

5. Gunakan lip balm setiap hari

Gunakan lip balm setiap hari
Lip balm atau pelembab bibir wajib dipakai setiap hari agar bibir tidak mudah kering. Daripada dengan menjilat bibir yang tujuannya untuk melembabkan bibir namun faktanya malah akan membuat bibir semakin kering. Sediakan lip balm di dalam tas kemanapun kita pergi agar bisa dipakai kapan saja saat bibir terasa kering.

6. Oleskan madu untuk melembabkan bibir

Oleskan madu untuk melembabkan bibir
Sebagai alternatif lip balm, cukup dengan mengoleskan madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Madu memiliki sifat anti bakteri dn mampu melembabkan bibir. Usahakan menggunakan madu yang asli, karena madu palsu yang sudah diolah dan dikemas banyak mengandung campuran gula.

7. Hindari memakai lipstik matte

Hindari memakai lipstik matte
Saat ini memang sedang menjadi trend penggunaan lipstick matte di kalangan para wanita, karena warnanya yang pekat dan dapat menempel tahan lama di bibir. Namun lipstik jenis ini tidak mengandung pelembab sehingga dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Memakai lipstik jenis ini sangat tidak dianjurkan jika bibir sedang kering dan pecah-pecah.

8. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah dan dayur adalah makanan yang sehat dan alami serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C jika bibir terasa kering dan mulah pecah-pecah. Apel, jeruk, pepaya, brokoli, kubis dan kembang kol adalah beberapa buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.

Itulah beberapa tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Mudah bukan? Jika masalah bibir kering dan pecah-pecah tidak juga teratasi dengan cara di atas, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli. Karena bibir kering dan pecah-pecah bisa jadi adalah gejala awal suatu penyakit

About The Author