Tips Agar Hubungan LDR Tetap Langgeng dan Awet

Long Distance Relationship

Menjalani Long Distance Relationship atau LDR yang berarti hubungan jarak jauh memang tidak mudah. Perlu banyak perjuangan bahkan pengorbanan besar untuk menpertahankan suatu hubungan.

Juga, hubungan yang berhasil harus di dasari dengan dua pihak yang sama-sama mau berusaha. Jika hanya satu pihak yang usaha, maka hubungan tidak akan berhasil. Apalagi dalam hubungan jarak jauh, usaha untuk mempertahankannya dua kali lipat dari pada hubungan yang lainnya.

Banyak yang mengatakan bahwa hubungan LDR adalah hubungan yang tidak realistis. Sebab, banyak godaan diluar sana yang tidak kamu ketahui ketika kamu berada dijarak yang jauh dari pasangan. Pasangan LDR harus siap menerima resiko dan konsekuensi. Masalah yang timbul karena jarak yang berjauhan dengan pasangan dan tidak bisa selalu bersama, menjadi salah satu faktor keraguan terhadap hubunganmu dengan pasangan.

Long Distance Relationship terjaga semalaman bersama

Ini adalah beberapa tips agar hubungan LDR awet dan langgeng:

1. Saling Percaya

Ketika memutuskan untuk berani menjalani LDR, itu artinya harus berani untuk percaya terhadap pasangan yang berada jauh di sana. Sebab, tidak akan bisa berjalan suatu hubungan tanpa adanya kepercayaan.
Pasangan juga akan merasa tidak nyaman apabila selalu dituduh yang bukan-bukan dan tidak dipercayai segala perkataannya.

2. Menyempatkan Waktu Untuk Berkomunikasi

Karena hubungan asmara jarak jauh membuat kalian tidak bisa bertemu, maka jalan lain untuk saling bertukar pikiran, cerita keseharian, dan melepas rasa rindu yaitu dengan berkomunikasi melalui smartphone atau media lain.
Tanpa adanya komunikasi, hubungan pejuang LDR tidak akan bisa bertahan lama. Karena tanpa adanya komunikasi, pasangan akan mengira hal-hal yang negatif yang dilakukan pasangannya.

long distance relationship komunikasi

3. Saling Menjaga Perasaan Pasangan Dari Jarak Jauh

Berteman dengan lawan jenis boleh. Tapi, jangan sampai menimbulkan kecurigaan karena pertemanan kamu yang berlebihan. Misalnya dengan mengupload foto berdua dengan teman lawan jenis, tentu akan membuat pasangan curiga dan mengganggap tidak menjaga perasaan pasangan.

4. Jangan Terlalu Jaim

Terlalu jaim alias jaga image akan membuat hubungan menjadi hambar. Jarang mengungkapkan rasa rindu, misalnya, bisa menjadi pemicu munculnya rasa khawatir di salah satu pihak bahwa dia tidak dibutuhkan. Jadi, usahakan untuk tidak terlalu jaim.
Lakukan kekonyolan ringan yang lucu dan romantis yang mampu menghidupkan suasana seperti mengirim foto wajah dengan ekspresi aneh atau mengirim puisi dengan tema gombalan demi tetap menjaga keharmonisan kalian.

5. Mengingat Tanggal-tanggal Penting Dengan Pasangan

Dengan tidak melupakan tanggal dan momen penting, akan membuat hubungan kalian awet. Apalagi bila memberinya kejutan berupa bingkisan, bunga atau kejutan lain di tanggal-tanggal penting tersebut. Pastinya, pasangan akan senang dan merasa bahwa dirinya selalu diingat.

6. Meminimalisir Pertengkaran

Karena jarang bertemu dengan pasangan membuat sulit untuk menyelesaikan pertengkaran, usahakan untuk menjaga hubungan baik antara kalian. Tahanlah emosi yang bisa melontarkan kata-kata buruk pada pasangan. Dengan menjaga hubungan baik ini, kalian tidak akan saling membenci dan semakin saling mencintai.

7. Hindari Memposting Masalah Dengan Pasangan Di Sosial Media

Kalau mau hubungan tetap awet, cobalah untuk menyimpan permasalahan kalian sendiri, atau kalau memang perlu berbagi, curhatlah pada sahabat dekat kalian.
Selain merusak pandangan orang tentang kalian, curhat di media sosial juga bisa menjadi jembatan bagi orang lain untuk masuk dan merusak hubungan kalian

8. Saling Mendoakan

Tips terakhir ini sangat penting bagi pasangan LDR yaitu saling mendoakan. Berdoalah agar kalian berjodoh kelak. Doakan, hubungan kalian akan baik-baik saja hingga nantinya kalian menua bersama.

Long Distance Relationship menunggu pertemuan

Lakukan tips diatas agar hubungan LDR kalian tetap awet dan langgeng. Kalian juga harus tetap percaya bahwa hubungan yang sedang kalian jalani, tidak akan berakhir sia-sia. Karena semua yang kamu dan pasangan lakukan sekarang, demi kebersamaan kalian nanti.

About The Author

Reply