Ternyata, Ini Loh 6 Manfaat Baking Soda untuk Kulit dan tubuh Kita

Baking soda merupakan bahan memasak yang umum kita dengar. Baking soda adalah nama lain untuk natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat.

baking soda
Bubuk putih ini adalah campuran natrium dan hidrogen karbonat, dan paling sering digunakan untuk membuat kue atau roti soda. Soda bikarbonat bersifat basa. Jadi, ketika dicampur dengan asam, seperti susu, soda menciptakan karbon dioksida. Ini menyebabkan campuran mengembang sebelum digantikan dengan udara. Oleh karena itu, bahan ini sangat cocok untuk membuat kue.

Selain untuk membuat kue, berikut beberapa manfaat baking soda untuk perawatan tubuh kita:

1. Pengganti Deodorant

bau ketiak
Baking soda bisa dijadikan deodorant alami tanpa kandungan berbahaya alumunium. Caranya ambil 1 sendok teh baking soda tambahkan air secukupnya hingga terbentuk seperti pasta. Gosokan campuran tersebut ke ketiakmu lalu bilas sampai bersih.

Selain menghilangkan bau ketiak, baking soda juga dapat memutihkan kulit ketiak. Baking soda mengandung garam, yang dapat digunakan untuk scrubbing dalam mengangkat sel kulit mati penyebab kulit ketiak menjadi hitam. Caranya tambhkan 1 sendok makan baking soda campurkan dengan air hingga terbentuk pasta yang tidak terlalu encer. Oleskan dan gosok-gosokan pada ketiak diamkan dan tunggu 10-15 menit hingga pasta mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Perawatan kaki

perawatan kaki
Untuk perawatan kaki cukup campurkan 3 sendok makan baking soda dalam bak atau baskom yang telah diisi air hangat. Rendam kaki selama 15-20 menit. Kemudian buatlah pasta dari baking soda, yaitu dengan mencampurkan air dengan baking soda sehingga terbentuk seperti pasta. Gosok perlahan pada kaki, pijat kaki dengan lembut itu akan dapat membuat kaki lebih lembut dan rileks.

3. Perawatan rambut

perawatan rambut
Untuk rambut cantik, berkilau, dan lebih mudah diatur, tambahkan satu sendok teh baking soda ke telapak tangan dan campurkan dengan sampo. Pijat lembut rambut seperti biasa dan bilas sampai bersih. Campuran soda kue dan sampo akan membantu menghilangkan residu produk sehingga rambut menjadi lebih bersih.

Baking soda juga dapat meredakan gatal pada kulit kepala. Baking soda juga dapat membantu mengurangi kerusakan seperti rontok pada rambut berkat sifat anti bakterinya tersebut.

Caranya adalah dengan mencampur 2-3 sendok makan baking soda dengan air hingga menyerupai pasta kental. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan diamkan setelah 10-15 menit lalu bilas menggunakan shampoo.

4. Perawatan Kuku

perawatan kuku
Kebiasaan untuk mengecat kuku warna-warni dapat menyebabkan ujung kuku menjadi menguning dan kutikula dapat berubah warna. Untuk memutihkan kuku, gunakan campuran baking soda dan hidrogen peroksida. Oleskan dengan sikat gigi dan diamkan selama 3-5 menit sebelum membilasnya.

5. Perawatan Gigi

perawatan gigi
Baking soda memiliki sifat abrasif yang ampuh menghilangkan noda. Campurkan pasta gigi dengan baking soda secukupnya lalu sikat gigi seperti biasa. Jangan lakukan setiap hari karena lapisan enamel gigi akan hilang, jadi lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu saja.

6. Perawatan Wajah

perawatan wajah
Baking soda efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan PH kulit yang membuat kulit cerah merata. Campurkan 2 sendok teh baking soda dan 2 sendok teh air hingga terbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukan secara teratur 1-2 kali seminggu.

Baking soda juga dapat menyembuhkan jerawat, baking soda dan madu memiliki kandungan antiseptik serta anti radang alami yang dapat menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas. Campurkan 1 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh madu dengan merata. Oleskan campuran ini ke jerawat atau bekas jerawat. Biarkan selama 7-10 menit lalu bilas dengan air hangat lalu keringkan.

Itulah manfaat baking soda untuk tubuh kita, dengan bahan alami ini tidak banyak kita ketahui namun banyak sekali manfaatnya. Jadi, jangan selalu pakai produk perawatan yang terdapat bahan kimianya. Karena yang alami pasti akan lebih baik dan aman.

Kita bisa mengaplikasikan cara diatas namun gunakanlah dengan bijak dan jangan berlebihan. Karna yang berlebihan itu tidak baik.

About The Author

Reply