Tak Usah Ragu, Iniloh 7 Manfaat Yang Akan Didapatkan Saat Kamu Merantau

Merantau, satu kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia. Sebuah kata yang bermakna perginya seseorang dari tempat dimana ia dibesarkan menuju ke tampat lain untuk mencari pengalaman, balajar mengejar impian, ataupun untuk menjalani kehidupan. Namun tetap, kampung halaman adalah dimana ia akan kembali dan pulang dari tempat perantauannya.

Manfaat merantau

Sebenarnya merantau banyak memberikan pelajaran berarti bagi mereka yang menjalaninya, turut mengenalkan perjalanan dan perjuangan hidup yang sesungguhnya, dan membantu menjadikan pribadi yang mandiri dalam menjalani kehidupan.

Bagi kalian para millennials yang mempunyai rencana merantau untuk melanjutkan pendidikan atau apapun alasan lainnya, jangan ragu, merantaulah maka kamu akan mendapatkan bermacam manfaat dan kebaikan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari merantau:

1. Menjadikan pribadi yang mudah beradaptasi dan penuh toleransi
Pergi merantau secara tidak langsung mampu memaksa mengeluarkan kemampuan terbaik yang ada dalam diri, termasuk kemampuan dalam bersosialisasi. Saat meninggalkan kampung halaman, itu berarti saat dimana kita keluar dari zona nyaman.

Dan di tempat baru harusl mulai menerapkan pepatah “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” agar dapat dengan mudah beradaptasi dengan budaya, kebiasaan dan karakter penduduk setempat. Hal tersebut bisa membantu menurunkan ego pribadi dan lebih mengajarkan untuk bertoleransi dengan hal-hal baru yang ditemui di perantauan.

2. Menjadikan pribadi yang lebih mandiri

Menjadikan pribadi yang lebih mandiri
Tinggal sendiri di perantauan tentunya dituntut untuk melakukan semuanya dengan seorang diri, terutama di masa-masa awal tinggal di tempat baru dimana belum begitu mempunyai banyak teman yang bisa membantu.

Hal ini akan meningkatkan level kemandirian setelah sebelumnya di tempat tinggal dulu dikelilingi oleh orang-orang yang siap membantu kapanpun diperlukan. Belajar melakukn setiap pekerjaan rumah sendiri dan mulai mengandalkan kemampuan diri dalam menghadapi setiap masalah akan membantu menjadi pribadi yang tangguh dalam menjalani hidup.

3. Mendapat teman dan keluarga baru
Teman dan keluarga bukan hanya mereka yang menemani saat tumbuh dewasa, tetapi juga bisa berarti mereka yang berjuang bersama dan selalu mendukung satu sama lain.

Merantau akan membuat jauh dengan keluarga dan teman di kampung halaman, tapi percayalah seiring berjalannya waktu pasti akan mendapatkan pengganti keluarga dan teman di perantauan. Orang-orang baru yang lambat laun akan menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup di perantauan.

4. Pandai mengelola keuangan

Pandai mengelola keuangan
Hidup jauh dari orangrtua dan sanak saudara dengan keterbatasan dana akan dituntut lebih bijak dalam mengelola keuangan. Tentunya tidak ingin uang bulanan habis sebelum waktunya sedangkan kiriman dari orangtua masih lama, yang akan membuat meminjam kepada teman atau bahkan berpuasa.

Pandai mengelola keuangan menjadi hal yang sangat penting di perantauan, karena tentunya tidak ingin menyusahkan orangtua dengan terus menerus meminta kiriman uang. Hal tersebut bisa memotivasi untuk mencari uang tambahan agar membantu meringankan beban mereka, membuka usaha atau bekerja paruh waktu bisa dilakukan selama bisa membagi waktu dengan aktivitas utama.

5. Mendapat cerita, tantangan dan pengalaman
Setiap daerah tentunya mempunyai budaya, karakter, kebiasaan dan juga kearifan lokal yang berbeda satu sama lain. Dan di perantauan akan temukan cerita, pengalaman, maupun tantangan hidup yang tak akan didapatkan di kampung halaman, hal-hal menarik yang akan menjadi kenangan tidak terlupakan, dan semua itu akan turut membantu mendewasakan diri dalam menjalani kehidupan.

6. Menjadi pribadi yang lebih bersyukur

Menjadi pribadi yang lebih bersyukur
Merantau mengajarkan untuk lebih bersyukur karana telah diberi kesempatan untuk mengenal tampat baru, orang baru, dan pengalaman baru yang lebih memperkaya perjalanan hidup.

Merantau akan mengingatkan bahwa setiap kebaikan ataupun pertolongan yang didapatkan, membuktikan bahwa Tuhan selalu mempermudah urusan hambaNya. Dan itu akan menjadikan pribadi yang lebih bersyukur.

7. Lebih mengerti arti keluarga

Lebih mengerti arti keluarga
Keluarga merupakan bagian paling penting bagi setiap insan. Disanalah kita dibesarkan, mendapatkan pelajaran pertama tentang kasih sayang, keikhlasan dan pengorbanan.

Ketika dekat dengan keluarga, mungkin kita tidak akan begitu merasa bahwa mereka itu adalah orang-orang spesial yang dikirimkan Tuhan untuk hidup kita. Tetapi ketika merantau, barulah kita merasakan begitu berartinya mereka, seolah ada yang kurang dari kehidupan ketika kita jauh dari mereka.

About The Author