Tak Disangka, 8 Idol KPop ini Jalani Masa Trainee Paling lama

Debut menjadi seorang idol kpop merupakan sebuah impian bagi sebagaian orang penyuka musik Korea Selatan. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut sangatlah susah, dan ternyata sederet idol kpop yang populer ini harus mengalami masa pelatihan ataui yang sering disebut dengan masa trainee. Masa Trainee itu terkadang memiliki waktu yang begitu lama, seperti yang dialamai sederet idol kpop berikut.

1. Min eks ‘Miss A’

Min eks 'Miss A'

Mantan personel dari girl grup asuhan JYP Entertainment ini ternyata memiliki masa trainee dalam jangka waktu yang cukup lama yakni 6 tahun. Namun berkat ketekunan dan kerja keras Min selama 6 tahun tersebut ternyata tidak sia-sia, sampai ia diumumkan untuk debut bersama ‘Miss A’. Namun setelah kontraknya selesai ia memilih untuk tidak memperbarui kontraknya bersama Miss A.

2. Suho ‘EXO’

Suho 'EXO'

Sebelum terpilih sebagai leader EXO, Suho ternyata harus menjalani masa trainee nya selama 6,5 tahun. Pada saat menjadi trainee, Suho masih baru berumur 16 tahun. Berkat kerja kerasnya, ditahun 2011 akhirnya Suho resmi melakukan debut bersama EXO, dan hingga kini Suho berhasil menjadi idola Kpop populer yang mempunyai banyak penggemar.

3. Jisung ‘ Wanna One’

Jisung ' Wanna One'

Debut diusia 26 tahun, Jisung ternyata menjalani masa trainee yang cukup lama, yakni 7 tahun. Sempat menyerah menjadi trainee, akhirnya Jisung mengikuti acara survival Produce 101 Season 2 dan berhasil debut bersama Wanna One dan menjadi sosok seorang leader yang dicintai banyak orang.

4. Seulgi ‘Red Velvet’

Seulgi 'Red Velvet'

Seulgi Seulgi yang merupakan anggota terpopuler dalam grupnya ‘Red Velvet’ ini ternyata memiliki masa trainee yang sama seperti Jisung ‘Wanna One’. Ia menjalani masa trainee selama 7 rahun di SM Entertainment, berkat ketekunannya akhirnya ia berhasil debut bersama Red Velvet ditahun 2014.

5. Yoona ‘SNSD’

Yoona 'SNSD'

Populer dan dikenal banyak orang, ternyata usaha Yoona untuk menjadi idola tidaklah mudah. Meskipun memiliki visual yang sangat mengangumkan, ia tetap harus menjalani masa trainee yang terhitung cukup lama, yaitu 7 tahun. Semua usaha yang telah ia lakukan dan jalani selama 7 tahun masa trainee ternyata berbuah manis, akhirnya ia debut dengan SNSD. Kini ia dikenal sebagai sosok idola yang dikagumi banyak orang dan banyak idola rookie yang menjadikan dirinya sebagai rolemodel.

6. Johnny ‘NCT’

Johnny 'NCT'

Johnny sebelumnya sempat akan debut bersama SHINee dan juga EXO. Namun pada akhirnya ia debut bersama NCT ditahun 2017. Berkat kerja keras dan kesabaranya selama 9 tahun debit di SM Entertainment, akhirnya Johnny sukse membuktikan dirinya bahwa ia layak untuk debut.

7. Jihyo ‘TWICE’

Jihyo 'TWICE'

Leader dari girl grup TWICE ini ternyat harus menjalani masa trainee nya selama 9 tahun di JYP Entertainment. Berkat kerja kerasnya sebagai seorang leader TWICE, Jihyo pun berhasil menjadikan girl grup TWICE sebagai Nation Girlgroup Korea Selatan.

8. G-Dragon ‘Big Bang’

G-Dragon 'Big Bang'

Sebelum menjadi idol yang populer dan sukses seperti sekarang, GD rupanya pernah menjalani masa sulit sebagai trainee dari 2 manajemen yang berbeda, yakni SM Entertainment dan juga YG Entertainment. GD menjalani masa trainee di SM Entertainment selama 5 tahun, sedangkan di YG Entertainment ia menjadi seorang trainee selama 6 tahun. Setelah menjalani masa trainee selama 11 tahun lamanya, ia pun debut bersama BIGBANG dan sukses menggemparkan industri musik kpop. Ia pun sukses menjadi idol yang memiliki copyright atau hak cipta lagu terbanyak.

About The Author