Selain Manis, Ini 6 Manfaat Madu untuk Kulit Wajahmu

Madu merupakan salah satu zat yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit wajah. Bahan alami yang dihasilkan oleh lebah ini dengan rasanya yang manis membuat orang menyukai madu. Bukan hanya manis, madu juga kaya akan manfaatnya bagi tubuh kita sehingga tak jarang yang mengkonsumsinya secara rutin.

madu untuk kesehatan kulit

 

Kandungan gula alami dan vitamin yang lebih banyak dari pada mineral membuat madu mempunyai manfaat yang luar biasa. Mulai dari manfaat kesehatan hingga manfaat kecantikan alami. Selain itu, madu juga kaya akan kandungan chrysn, katalase, vitamin C dan pinobanksin yang bertugas sebagai antioksidan alami.

Apa sajakah manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah kita? Berikut manfaat madu untuk kulit wajah.

1. Melembabkan Kulit Wajah
Madu memiliki kandungan yang mampu mengikat zat air, sehingga dapat melembabkan kulit wajah. Caranya campurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu aduk hingga tercampur rata, lalu oleskan pada seluruh bagian wajah kecuali area mata dan mulut. Diamkan selama 10 menit hingga kering, bersihkan dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk halus.

2. Menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat

jerawat dan bekas jerawat
Madu dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat karena kandungan anti-bakterinya. Caranya masukan 1 sendok makan madu kedalam microwave hingga hangat. Tambahkan 1 sendok teh perasan jeruk nipis, aduk hingga tercampur rata.
Oleskan pada bagian wajah yang berjerawar ataupada bagian bekas jerawat, diamkan selama 30 menit – 1 jam. Bilas dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk halus.

3. Memutihkan kulit wajah

memutihkan wajah
Kandungan madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga dapat memutihkan kulit wajah secara efektif. Bahan yang harus disiapkan adalah 1 sendok makan madu, 1 sendok makan almond, 1 sendok teh air lemon, dan 1 sendok makan oatmeal. campurkan semua bahan tersebut lalu aduk hingga rata. Oleskan pada kulit wajah, diamkan hingga agak kering. Pijat dan gosok secara perlahan, lalu diamkan lagi selama 10 menit hingga meresap kedalam kulit. Bersihkan dengan air mengalir kemudian keringkan dengan handuk bersih dan halus.

4. Mengangkat Kotoran yang menempel di wajah
Ternyata madu sangat efektif untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel setelah seharian beraktifitas. Caranya campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan putih telur, aduk hingga rata. Oleskan pada seluruh bagian wajah hingga leher, diamkan 10-15 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih dan halus.

5. Mencegah penuaan pada kulit

penuaan kulit wajah
Tua memang tidak dapat di pungkiri, namun mempunyai wajah yang terlihat lebih muda ketimbang usia merupakan dambaan bagi setiap wanita. Ternyata madu juga mampu mengurangi keriputan di wajah dan mencegah penuaan. Caranya dengan dengan mencampurkan 2 sendok makan madu fan 2 sendok makan air perasan lemon. Oleskan pada seluruh bagian wajah hingga leher, diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.

6. Mencegah bibir kering dan mencerahkan bibir

bibir sehat
Bibir kering dapat memicu sariawan pada mulut apalagi ditambah dengan bibir gelap dan hitam yang dapat memperburuk tampilan wajah. Tidak usah hawatir masalah diatas dapat ditangani menggunakan madu. Caranya panaskan 2 sendok makan madu hingga membusa, tunggu sebentar sampai hangat. Oleskan ke seluruh permukaan bibir hingga merata, diamkan selama 20-30 menit. Gosok bibir secara perlahan menggunakan jari, lalu bilas dengan air hangat.

Ada banyak cara untuk merawat kecantikan wajah. Menggunakan madu adalah salah satu dari cara efektif, alami dan pasti tidak perlu mahal.
Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, harus sedikit lebih telaten. Kenapa? Karena penggunaan bahan alami tidaklah secepat saat menggunakan bahan kimia. Namun hasil yang akan didapatkan lebih permanen dan terhindar dari efek samping yang berbahaya.

About The Author

Reply