Manfaat dan Efek Samping Buah Petai Bagi Kesehatan

Buah petai memiliki manfaat

Buah Petai atau dalam bahasa ilmiahnya memiliki nama (Parkia Speciosa), merupakan termasuk kepada jenis plong-polongan dan termasuk pada jenis satur-sayuran. Petai memiliki bau yang khas, sehingga karena baunya tersebut banyak orang tidak menyukainya. Namun ternyata, Sibalik Baunya yang kurang sedap, Petai mengandung banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Petai mengandung banyak zat bermanfaat bagi tubuh. Petai juga mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, surkosa, fruktosa, glukosa, asam amino, dan sulfur. Aroma bau pada buah petai dihasilkan dari asam amino yang mengandung unsur sulfur.

Buah petai yang jadi favorit

Beberapa Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan
Sebagai Obat Defresi. Petai mengandung Zat Trythopan, Zat Trythopan merupakan sejenis protein yang diubah menjadi senyawa serotonin. Senyawa ini bermanfaat memberikan efek rileks pada penderita defresi.
Meringankan Gejala PMS (Premenstrual Syndrome). PMS biasanya datang saat seorang perempuan sedang datang bulan. PMS dapat membuat perasaan tidak karuan dan menurunkan mood, kandungan vitamin B6 dalam bauh petai dapat mengatur kadar gula darah, dan dapat membantu mengemblikan mood.
Dapat Mencegah Anemia. Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah, dan membantu mencegah terjadinya anemia.
Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Buah petai tinggi akan kalium dan rendah garam. Buah petai sangat efektif menurunkan tekanan darah, dan sangat cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.
Membantu Melancarkan Sembelit. Buah petai mengandung serat yang tinggi, kandungan serat dalam buah petai dapat membantu melancarkan saluran pencernaan dan mengatasi sembelit.

Bagi yang menyukainya Buah petai memberikan nikmat tersendiri, bahkan dapat menambah nafsu makan. Akan tetapi selain beberapa manfaat diatas bauh petai juga memiliki efek samping bagi Kesehatan.

Buah petai dengan berbagai khasiat

Beberapa Efek Samping Buah Petai Untuk Kesehatan
Menggangu Kesehatan Ginjal. Kandungan Asam amino yang tinggi pada buah petai tidak baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, Asam amino menyebabkan bau tidak sedap pada cairan urine.
Bau Mulut. Sudah bukan rahasia lagi ketika kita makan buah petai akan menyebabkan bau mulut. Hal ini disebabkan karena buah petai memiliki bau yang khas, Apabila dimakan secara berlebihan akan mengakibatkan bau mulut yang sangat menyengat dan akan menghilangkan kepercayaan diri ketika berbicara dengan orang lain.
Menyebabkan Asam Urat dan Rematik. Buah petai tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit asam urat dan rematik, karena akan membuat gejala kambuh.
Pusing dan Sakit Kepala. Mengkonsumsi buah petai yang berlebihan dapat mengakibatkan pusing dan sakit kepala.
Sakit Perut. Mengkonsumsi buah petai secara mentah dapat mengakibatkan perut kembung dan perih.

Dari beberapa penjelasan diatas kita jadi tahu tentang apa saja manfaat dan efek samping yang ditimbulkan dari makan buah petai yang berlebihan. Untuk itu makanlah petai secara teratur dan tidak berlebihan agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

About The Author

Reply