Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Buah naga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Buah naga yang berasal dari salah satu tanaman kaktus ini cukup unik. Sebelum berbuah, bunga buah naga ini bersemi sejak sore hingga malam untuk layu terkena sinar matahari. Buah naga ini hanya mekar pada malam hari. Karena keindahan dari bunganya ini seringkali bunga buah naga ini mendapat julukan moonflower atau queen of the night.

Buah naga ini asli berasala dari negara Meksiko, amerika tengah, dan amerika selatan namun dibudidaya dan diekspor beberapa negara asia tenggara seperti thailand, vietnam, filifina, malaysia dan bahakan indonesia. Hylocereus undatus yang merupakan bahasa latin dari buah naga ini memiliki banyak kandungan vitamin C, B1, B3,B12,E, kaya serat, kaya mineral, antioksidan dan protein. Maka dari itu buuah naga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Pola hidup dan makanan yang tidak teratur dapat menyebabkan tekanan darah anda tinggi. Maka sebainya untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin teratur. Kandungan lycopene dalam buah naga, selain dapat mencegah kanker, juga berfungsi sebagai penurun darah tinggi. Biji buah naga yang terkandung didalamnya memiliki omega 3 dan 6 yang mampu meringankan ganguan kardiovaskular.

2. Mencegah Diabetes
Kandungan oksidan yang terdapat pada buah naga mampu mencegah diabetes. Karena dapat membunuh sel jahat dalam tubuh yang biasanya terjadi karena pola makan dan hidup yang tidak teratur. Buah naga baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit diabetes karena kadar gula yang terkandung dalam buah naga rendah.

Jus Buah Naga

3. Mencegah Kanker
Buah naga yang mengandung lycopene, yang menjadi penyedia warna merah pada buah naga tersebut, mampu merendahkan risiko terkena penyakit kanker. Tidak hanya lycopene, buah naga juga banyak mengandung serat, kalsium, vitamin C dan B2 yang mampu mengeluarkan racun logam yang dapat menyebabkan kanker dari tubuh.

4. Membantu Masalah Pencernaan
Jika anda memiliki masalah peencernaan, untuk membersihkannya makanlah buah naga. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati sembelit. Kandungan serat itu mampu mengikat sisa-sisa kotoran yang ada dalam usus agar semua kotoran dalam usus terbuang dan membersihkan pencernaan.

Buah Naga

5. Membantu Proses Detoksifikasi
Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas sehingga dapat memperlancar proses detoksifikasi pada tubuh.

6. Menyehatkan Rambut

Merawat Rambut

Selain sebagai masker wajah, buah naga juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Dengan cara meminum jus buah naga secara rutin selain itu anda juga bisa membuat masker untuk dioleskan pada rambut anda. Caranya dengan mengoleskan ampas buah naga pada rambut, seperti mengoleskan masker rambut. Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas menggunakan air biasa. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

7. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat
Jerawat yang timbul pada kulit wajah mengganggu penampilan anda dan membuat tidak percaya diri. Buah naga yang mengandung vitamin C akan membuat kulit wajah anda terhindar dari jerawat. Caranya mudah anda cukup menghaluskan buah naga dan mengoleskannya pada wajah anda, tunggu sampai mengering lalu bilaslah dengan air sampai bersih.

8. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Munculnya keriput dan kerutan pada wajah akan membuat penampilan anda semakin tua dan tidak percaya diri akibat dari pengaruh radikal bebas. Dengan kandungan antioksidan dan vitamin E yang terdapat pada buah naga akan membantu menangkal radikal bebas pada wajah agar terhindar dari penuaan dini.

About The Author

Reply