Mampu Mencegah Kanker, Iniloh 7 Manfaat Tidur Dalam Ruangan Gelap

Beristirahat di malam hari adalah kebutuhan bagi tubuh agar kembali fit beraktifitas pada esok paginya. Walaupun kelihatannya sepele, pola-pola tidur tertentu ternyata sangat berpengaruh bagi kualitas tidur dan juga kesehatan seperti penggunaan bantal, posisi dan porsi tidur, atau kebiasaan-kebiasaan tidur yang lain.

Tidur-dalam-ruangan-gelap

Kebiasaan yang memiliki beragam manfaat adalah tidur dalam ruangan gelap alias lampu mati. Selain waktu yang cukup, tidur berkualitas juga dipengaruhi oleh keadaan tempat atau ruangan. Dalam hal ini, ruangan dalam keadaan gelap juga berguna membuat tidur kita jadi lebih nyenyak.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Tidur malam dalam kamar yang gelap akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Tubuh hanya bisa memproduksi hormon melatonin ketika benar-benar tidak ada cahaya. Hormon melatonin adalah salah satu hormon kekebalan tubuh, yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Sayangnya, hormon ini tidak akan muncul apabila seseorang tidur di malam hari dalam keadaan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar walaupun sedikit, akan membuat produksi hormon melatonin berhenti.

2. Tidur lebih berkualitas dan lebih nyenyak

tidur-nyenyak
Tidur yang berkualitas itu disaat organ otak benar-benar dalam keadaan beristirahat. Sinar lampu menjadikan kualitasa tidur menjadi kurang baik karena sinar lampu masih berperan sebagai perangsang simulator kerja otak. Sehingga walau mata kita terpejam, tetapi jika masih ada cahaya dalam ruangan mengakibatkan otak akan terus bekerja untuk merespon atau mengartikan cahaya yang masuk tersebut.

Tidur yang berkualitas di malam hari besar manfaatnya, yaitu untuk memaksimalkan proses detoksifikasi guna menetralisir toksin yang merusak tubuh. Proses detoksifikasi ini terutama terjadi pada organ hati, yang prosesnya hanya bisa maksimal ketika tidur kita berkualitas. Tidur yang berkualitas akan memproduksi antioksidan yang berguna sebagai penetral toksin

3. Menurunkan resiko depresi
Tidur dengan lampu tidak menyala membuat tubuh menjadi rileks. Keadaan ini membuat tubuh sepenuhnya beristirahat. Sebaliknya, dengan menyalakan lampu akan beresiko buruk terhadap perubahan stuktur otak yang dapat menimbulkan depresi. Studi yang dilakukan di Jepang menyebutkan bahwa 8 dari 10 orang yang terbiasa tidur dalam keadaan gelap memiliki tingkat depresi yang lebih rendah dibanding yang tidur dalam keadaan terang.

4. Mencegah obesitas

obesitas
Bagi yang memiliki masalah dengan berat badan, disarankan untuk menerapkan pola tidur tanpa pencahayaan. Menurut penelitian, tidur dalam keadaan gelap ternyata dapat membantu membakar kalori yang ada dalam tubuh sehingga mengurangi atau mencegah obesitas.

Hal tersebut karena munculnya hormon melatonin yang bersifat merangsang produksi lemak beige. Lemak beige sendiri merupakan jenis sel lemak yang lebih bersifat membuang kalori dibanding menyimpan kalori.

5. Menghambat Pikun pada usia lanjut
Tidur yang nyenyak serta rileks membuat kerja otak meningkat. Tidur dalam keadaan terang, otak cenderung bekerja terus-menerus menerima respon cahaya yang diterima mata. Itu sebabnya otak jadi kurang istirahat. Berbeda dengan tidur dalam keadaan gelap, istirahat yang cukup membuat otak dapat meningkatkan kualitas kerja dan menghambat terjadinya pikun pada usia lanjut.

6. Mencegah kerusakan DNA
Tidur dalam keadaan gelap dapat menurunkan resiko kerusakan DNA. Karena pada kondisi gelap, sel imunnitas tubuh akan lebih membaik. Adanya kerusakan DNA pada tubuh, sangat beresiko sekali pada seseorang terkena penyakit leukemia, terutama pada anak-anak.

7. Menstabilkan emosi

menstabilkan-emosi
Tidur tanpa menggunakan pencahayaan lampu ternyata mampu mengontrol emosi sehingga menjadi lebih seimbang. Lancarnya produksi melatonin juga berakibat pada meningkatnya hormon serotonin yang bertugas sebagai penghasil mood baik terhadap tubuh.

 

Jika kalian sudah membaca artikel ini, coba terapkanlah tidur sehat didalam ruangan yang gelap. Denga tidur malam di ruangan yang gelap, dapat menghemat banyak energi sekaligus juga meningkatkan kesehatan tubuh.

About The Author

Reply