Lakukan 7 Kunci Sukses Ini Agar Mudah meraih Tujuan

Sebesar 97% manusia melalui kehidupan sesuai dengan alurnya tanpa pernah berfikir untuk menentukan tujuan hidupnya secara pasti. Percaya tidak percaya hanya sekitar 3% saja manusia di dunia yang benar-benar mengetahui tujuan hidupnya secara pasti.

Dan seperti yang sudah diprediksi, kelompok 3% ini adalah kelompok teratas yang menguasai dunia. Ingin menjadi bagian dari 3% orang sukses tersebut? Berikut ini 7 langkah yang harus kamu lakukan.

1. Tentukan secara pasti keinginan yang ingin diraih

Keinginan yang ingin diraih
Tidak banyak orang yang paham secara pasti keinginan yang ingin mereka raih, kebanyakan orang merasa mereka sudah memiliki tujuan, padahal sebenarnya hal tersebut hanya sekedar harapan dan mimpi saja.
Tujuan merupakan suatu hal yang spesifik dan jelas, yang dapat kamu fokuskan untuk meraih tujuan setiap harinya. Hal-hal yang bisa diukur. Sesuatu yang bisa orang katakan seberapa dekat kamu meraih tujuan tesebut.

2. Tuliskan tujuan tersebut

tuliskan tujuan
Ada sebuah aturan yang tidak tertulis mengatakan, kalau kamu ingin sukses, beri ukuran di setiap tujuan dan aktivitas, tapi kalai kamu ingin menjadi kaya, beri ukuran finansial di setiap tujuan dan aktivitas.
Hal yang perlu kamu ingat adalah kamu tidak akan bisa membidik suatu target yang tidak bisa kamu lihat. Tetapi jika target yang kamu bidik sudah terlihat jelas, kamu dengan mudah bisa untuk mengukur kemajuanmu.
Maka dari itu kamu wajib untuk menuliskan tujuan tersebut disertai dengan ukuran setiap kemajuannya di sampingnya untuk mengetahui proses yang sudah kamu raih.

3. Tentukan kapan tujuan diraih

tentukan kapan tujuan diraih
Tentukan secara persis kapan tujuan tersebut ingin kamu raih. Kalau itu merupakan sebuah tujuan jangka panjang, perincikanlah target-target tersebut ke dalam bentuk harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Setelah menentukan tujuan tersebut, kamu akan mendisiplinkan diri untuk menyelesaikan satu atau lebih dari aktivitas itu setiap harinya.

4. Tuliskan pemikiran atau ide

Tuliskan pemikiran ide
Selalu buat daftar tulisan tentang pemikiran-pemikiran yang menurut kamu akan mempermudah untuk mencapai tujuan tersebut. Dari mulai hal-hal baru yang ingin kamu pelajari atau orang-otang yang bisa kamu ajak untuk bertukar pikiran.

5. Atur daftar menurut urutannya

Atur daftar
Untuk mempermudah atur daftar sesuai dengan urutannya. Mulai dari langkah apa yang harus kamu kerjakan pertama kali, langkah kedua, langkah ketiga, begitu seterusnya sampai langkah terakhir yang harus kamu kerjakan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain melalui langkahnya, kamu juga bisa membuat daftar berdasarkan skala prioritasnya. Buat daftar berdasarkan prioritas yang paling penting hingga ke prioritas yang tidak terlalu urgent.
Daftar aktivitas yang diatur menurut urutan dan prioritas akan menjadi sebuah rancana. Jika kamu memiliki tujuan tertulis dan rencana, kamu bisa bergerak mendahului 97% manusia di dunia yang belum mempunyai tujuan hidup yang jelas.

6. Selalu berorientasi pada tindakan

orientasi pada tindakan
Langkah pertama memang merupakan suatu hal yang paling sulit untuk dikerjakan. Padahal sebenarnya dengan mengambil langkah pertama kamu akan mendapatkan 3 manfaat yang besar. Manfaat pertama, kamu akan mendapatkan umpan balik pada saat itu juga. Manfaat kedua, kamu akan mendapatkan gagasan untuk melakukan tindakan selanjutnya untuk meraih tujuan. Dan manfaat yang ketiga, kamu akan merasakan kepercayaan diri yang luar biasa karana telah berhasil menjalani langkah pertama dengan yakin.

7. Konsisten

konsisten
Selalu lakukan sesuatu setiap hari yang akan menggerakan kamu kepada tujuan. Lakukan terus menerus hingga tanpa sadar kamu telah melakukan dan melalui hal tersebut selama 7 hari, lalu berlanjut ke 30 hari, hingga tidak terasa kamu sudah melewatinya 365 hari.

Saat kamu melakukan hal tersebut, kamu tengah menjalankan prinsip momen kesuksesan. Dibutuhkan energi yang sangat besar untuk pertama kalinya, tetapi dibutuhkan lebih sedikit energi untuk membuat tubuh tersebut bergerak maju untuk seterusnya.

About The Author

Reply