Inilah Bugdet Yang Perlu Disiapkan Sebelum Liburan Ke Korea

Budget yang diperlukan untuk pergi berlibur ke Korea

Pergi berlibur untuk mengatasi kejenuhan dari segala aktifitas dalam hidup menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dilakukan. Liburan diyakini oleh semua orang adalah cara yang paling efektif untuk mengurangi tingkat kejenuhan dan kepenatan sehingga kita bisa bersantai, bergurai, bercanda riang baik ketika bersama sahabat, keluarga maupun rekan kerja. Destinasi wisata di dunia ini cukup beragam, salah satu yang sedang digandrungi adalah berwisata keluar negeri. Destinasi negara yang sering dituju oleh wisataman adalah Korea Selatan. Jika dahulu Korea hanya dikunjungi oleh wisatawan Cina, Taipei, Hongkong dan Jepang saja kali ini berbeda, negara kita tercinta juga sudah banyak yang tertarik menjadikan Korea Selatan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Hal ini dikarenakan beberapa tahun ini Indonesia sedang terkena demam K-Pop dimana drama dan musik Korea sangat populer belakangan ini. Di dalam drama Korea yang disukai selalu menampilkan beberapa keindahan dari negeri ginseng ini.

Ibukota Korea Selatan yaitu Seoul menyimpan banyak hal menarik mulai dari alam yang indah, wisata yang menjamur dan kulinernya. Dengan segala fasilitas ini, menjadikan Korea sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup merogoh kocek anda. Jadi ada baiknya sebelum kalian pergi berwisata ke Korea untuk menyiapkan budget yang cukup. Berapa sih sebenarnya Budget yang tepat untuk berwisata ke Korea?

1. Mempersiapkan Tiket Pesawat
Mempersiapkan Tiket merupakan hal yang pertama untuk dipikirkan dan dipersiapkan. Selain itu pastikan juga, berapa lama kalian akan tinggal di negera ginseng tersebut. Membeli tiket pesawat cukup merogoh kocek yang lumayan, pastikan untuk menabung dari jauh-jauh hari sebelum kepergianmu untuk berlibur. Selain itu, kalian juga harus mengurus visa untuk ke Korea terlebih dahulu. Dan pastikan kalian tidak ketinggalan kesempatan jika ada event Travel Fair karena disana kalian akan mendapat harga yang lebih murah. Harga tiket pesawat dari Indonesia-Korea sangat bervariasi, jika kalian membeli tiket sebulan sebelum kepergian maka akan mendapat harga murah yaitu sekitar 2-3 jutaan. Lain halnya dengan pembelian tiket yang mendadak makan bisa mencapai 4 jutaan.

Tidak lupa juga untuk menyiapkan Visa sebagai perizinan memasuki negara tersebut

2. Visa
Seperti dijelaskan sebelumnya untuk berlibur ke Korea membutuhkan visa yang merupakan sebuah perizinan untuk memasuki sebuah negara. Untuk pembuatan visa ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Biasanya untuk membuat visa membutuhkan proses pembuatan selama 14 hari kerja. Untuk visa ke korea biasanya diberi harga pembuatan sebesar Rp 600.000- Rp 800.000

pilihlah biaya penginapan yang murah untuk menghemat biaya perjalananmu

3. Tarif Penginapan
Biaya penginapan memanglah tidak murah, meskipun demikian jika kalian memilih penginapan dalam bentuk motel atau guest house kalian bisa memperoleh penginapan dengan harga murah. Bahkan di situs booking hotel terdapat rincian harga murah yaitu Rp. 200 ribu rupiah per malam. Usahakan juga memilih sebuah penginapan yang dekat dengan stasiun untuk mempermudah perjalanan kamu jika ingin pergi ke tempat lain.

Biaya makanan di korea termasuk mahal maka dari itu harus benar-benar diperhitungkan budget nya

4. Makanan
Korea sangat terkenal dengan makanannya dan tidak jarang sebagian orang pergi ke Korea hanya untuk menikmati kulinernya. Jika kalian memiliki uang lebih, kalian bisa menikmati makanan di restoran dengan harga yang cukup mahal. Tetapi jika kalian memiliki budget yang pas-pasan kalian bisa mencari warung-warung kecil atau kaki lima, jika di Indonesia ini terkenal dengan wartegnya karena dengan membeli makanan ke warung-warung kecil biaya untuk sekali makan hanya memerlukan biaya sebesar Rp 50.000- Rp 100.000 untuk sekali makan dengan menu standar, jika kalian dalam sehari makan 3 kali maka akan membutuhkan uang sebesar Rp 150.000 dalam sehari.

Menggunakan bis untuk perjalanan ke Korea diyakini akan menghemat biaya

4. Biaya Transportasi
Di Korea Selatan terdapat berbagai jenis transportasi umum seperti taksi, subway dan bus. Seluruh transportasi umum tersebut menggunakan sistem elektronik atau menggunakan T-Money. Kartu T-Money bisa kalian dapatkan di bandara, stasiu, terminal, subway dan minimarket dengan harga sebesar Rp 46.000. Dan ongkos yang diberikan tergantung dari jarak yang kalian tempuh dengan rata-rata biasa sebesar Rp 12.000- Rp 18000 untuk sekali perjalanan. Kalian harus mempersiapkan uang transportasi sebesar Rp 800.000 untuk 5 hari liburan.

Namsan Tower menjadi wisata favorite ketika berlibur ke Korea

5. Tempat Wisata
Rencanakan juga tempat wisata yang akan dikunjungi agar ketika sampai di Korea, kalian tidak akan merasa kebingungan. Beberapa tempat wisata di Korea ada yang memiliki tarif masuk ada pula yang gratis. Jika kalian ingin mengunjungi Istana Gyeongbokgung biaya yang diperlukan adalah sekita Rp 40.000 dan jika ingin ke Seoul Tower kalian tidak memerlukan pembayaran karena untuk masuk kesana yaitu gratis. Mungkin untuk masuk ke beberapa tempat wisata disana selama 5 hari, kalian membutuhkan biaya sebesar Rp 1.000.000

Jika ditotal untuk berlibur ke Korea selama 5 hari, kalian bisa siapkan uang sebesar Rp 12.000.000. Tertarik kan untuk memikmati liburan istimewa ke Korea bersama keluarga? Yuk mulai sisihkan sebagian uang agar bisa berlibur ke Korea.

About The Author