Ini Dia Tanda-Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Tanda-Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Sebuah survei mengedepankan bahwa banyak wanita bingung mengenai tanda-tanda kanker payudara. Mengenali tanda-tanda dan gejala kanker payudara dapat membantu menyelamatkan hidup Anda. Ketika penyakit ini ditemukan lebih awal, Anda memiliki lebih banyak obat alternatif dan prospek yang lebih baik untuk menyembuhkan.

Kanker payudara adalah salah satu pembunuh utama wanita di seluruh dunia. Itulah penyebabnya sangat penting bagi Anda untuk mengikuti program pemeriksaan kesehatan payudara yang menggunakan teknik paling berharga untuk mendeteksi tanda dan gejala kanker payudara dini.

Selama beberapa tahun, ada tiga cara umum untuk mendeteksi tanda-tanda awal dan gejala kanker payudara: 1) pemeriksaan diri bulanan; 2) pemeriksaan tahunan oleh dokter atau perawat Anda, dan 3) mammogram tahunan. Metode ini diproyeksikan untuk mendeteksi kanker sejak dini ketika persoalan dapat dilakukan dengan sangat baik dan tingkat ketahanan hidup dapat mencapai tingkat tertinggi.

Seringkali tidak ada tanda-tanda eksternal kanker payudara yang dapat Anda rasakan atau alami. Tanda kanker payudara yang paling luas untuk pria dan wanita adalah benjolan atau penebalan di payudara. Sering, benjolan tidak menimbulkan rasa sakit. Tanda-tanda lain yang mungkin dari kanker payudara terdiri dari:

1. Keluar Cairan Dari Puting

Selama beberapa tahap pertama kanker payudara, Anda mungkin melihat keluarnya cairan aneh dari puting Anda. Ini bisa berdarah, kuning atau kehijauan. Apa pun warnanya, Anda harus pergi ke dokter segera. Kanker payudara dapat berkembang sangat cepat; jadi semakin awal Anda menemui dokter, semakin baik.

2. Nyeri Pada Payudara

Sebagian besar wanita mengalami nyeri di payudara selama siklus bulanan mereka, itu tidak alami sama sekali selama sisa hari-hari biasa. Jika Anda menemukan diri Anda harus berurusan dengan ini, mungkin sudah waktunya untuk memakai alat khusus yang menggunakan energi radiasi atau sinar X untuk memantau perkembangan dalam jaringan di payudara. Umumnya untuk mendeteksi sel kanker payudara sebelum sel tersebut berkembang terlalu parah (mammogram).

3. Pembengkakan Payudara

Mirip dengan nyeri pada payudara, hal semacam ini mungkin secara alami terjadi pada wanita selama hari-hari siklusnya. Ini adalah alasan lain mengapa dokter mendorong praktik pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan. Dengan cara ini, Anda akan dapat melihat seberapa besar perbedaan yang ada dalam ukuran payudara Anda, dan segera periksa jika Anda melihat salah satu gejala awal kanker payudara.

4. Paget Pada Payudara

Gejala kompleks lain yang dilaporkan pada penyakit semacam ini adalah penyakit Paget pada payudara. Dan gangguan ini dikenal sebagai Dermatitis, pada keadaan ini, perubahan warna kulit, itu akan menjadi merah dan kulit puting akan memiliki tekstur mengelupas ringan. Ketika penyakit Paget pada payudara bergerak maju, tanda-tanda itu mungkin terdiri dari rasa gatal dan peningkatan kepekaan kulit, rasa terbakar dan juga akan terasa menyakitkan. Keluarnya cairan dari puting juga bisa terjadi. Sebenarnya hampir separuh dari wanita yang didiagnosis dengan penyakit paget juga menderita benjolan di payudara.

Ketika ada sesuatu yang salah, tubuh Anda akan memberi tahu Anda dalam bentuk gejala. Jadi, jangan mengambil gejala awal kanker payudara ini begitu saja. Ingat, kesehatan Anda dipertaruhkan di sini. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

About The Author