Diskusikan 7 Persiapan penting ini sebelum pernikahan!

Menikah bukan asal kawin saja dan bukan pula sekedar seremonial belaka. Pernikahan bukan hanya penyatuan dua insan saja, namun penyatuan dua keluarga. Inti dari sebuah pernikahan adalah bagaimana nanti kamu akan menjalaninya. Untuk itu kamu harus mempelajari banyak ilmu yang berkaitan dengan pernikahan.

rencana pernikahan

Mempersiapkan pernikahan memang bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu pikirkan sebelum akhirnya masuk ke fase hidup ini. Bersama pasangan kamu bisa mendiskusikan apa yang harus disiapkan.
Banyak pertimbangan yang harus dibicarakan dan dipersiapkan secara matang sebelum kamu dan pasangan benar-benar sepakat buat menikah. Gak cuma masalah finansial buat resepsi aja, tapi juga hal-hal mendasar lain yang jauh lebih penting dari itu.

berikut ini beberapa persiapan yang harus dipersiapkan sebelum pernikahanmu nanti :

1. Restu dari orangtua

restu orangtua
Hal terpenting adalah restu orangtua, Mintalah pendapat orangtuamu mengenai seseorang yang akan kamu nikahi tersebut. Apakah dia adalah orang yang menurut mereka baik? Karena biasanya perasaan orangtua itu peka menilai orang yang baik untuk kita.

2. Kuat hadapi godaan yang muncul sebelum pernikahan
Godaan sebelum menikah terkadang menghantui seseorang yang akan membangun sebuah rumah tangga. Ada banyak hal yang membuat calon pengantin berpikir kembali sebelum hari yang ditunggu hadir. Godaan yang biasanya datang sebelum pernikahan diantaranya melihat kekurangan pasangan, tiba-tiba ragu, godaan dari masalalumu, takut pekerjaan hilang, yang terakhir yaitu takut untuk tinggal di rumah mertua.

3. Kenali kebiasaan dan budaya pasangan beserta keluarganya
Pernikahan adalah penyatuan dua keluarga, maka budaya dan kebiasaan calon pasangan harus kamu pahami. Setiap orang memiliki budaya dan kebiasaan yang ditanamkan oleh keluarganya, termasuk oleh suku dan bangsanya. Pelajarilah budaya itu terutama mengenai sopan santun dan perilaku kesehariannya.

4. Tes kesehatan dan Vaksin penting sebelum pernikahan

vaksin
Kesehatan yang terjamin akan bermanfaat baik bagi diri kalian sendiri, maupun buah hati kalian kelak. Oleh karena itu tes kesehatan dan vaksin sebelum menikah sangat dianjurkan. Vaksin penting tersebut diantaranta Vaksin Tetanus Toksoid, suplemen Asam Folat (vitamin B9), Vaksin MMR (Mups, Measles, Rubella), Vaksin Varicella Zoster, Vaksin Hepatitis B, Vaksin Human Papilloma Virus(HPV).

5. Perawatan tubuh

perawatan tubuh
Agar bisa tampil maksimal saat pernikahanmu nanti, kamu perlu melakukan perawatan tubuh yang maksimal. Bagian tubuh untuk perempuan yang biasanya harus dirawat diantaranya Kulit luar, Wajah, Rambut, Mulut, Kuku, Payudara, dan Organ intim. Perawatan juga harus dilakukan oleh laki-laki sebelum menikah seperti perawatan rambut, kumis dan jenggot, bulu hidung, ketiak, wajah, mulut dan gigi,

5. Cara mengatur keuangan

keuangan keluarga
Perlu diketahui kebanyakan masalah keluarga itu timbul karena uang atau perekonomian. Kebanyakan pasangan mengaku bahwa uang sering kali memicu pertengkaran. Oleh karena itu sebelum menikah kamu dan pasangan perlu membicarakan aturan Cash Flow yang berlaku nantinya. Misalnya mengatur budget harian untuk biaya operasional, tabungan pendidikan untuk anak kelak, tabungan hari tua, dan simpanan uang husus jika suatu waktu ada keperluan mendadak yang tidak dapat diprediksi.

6. Pilih tempat tinggal sesuai kebutuhan

rumah sesuai kebutuhan
Hal lainnya yang juga tak boleh dilupakan adalah masalah tempat tinggal. Tempat tinggal adalah hal pertama yang harus diputuskan sebelum memasuki babak baru rumah tangga. Apa kalian bakal tinggal di rumah kontrakan, rumah mertua, atau mulai mencicil rumah sendiri. Dan kalau pasangan kamu kebetulan harus bekerja di tempat yang jauh, pikirkan juga apakah kalian akan menjalani LDR atau salah satu akan mengalah untuk bisa tetap tinggal bersama. Diskusikanlah ini dengan pasangan sebelum pernikahanmu.

7. Menyiapkan undangan hingga membuat acara pernikahan dengan “bijak”

pernikahan
Tahap inilah yang membutuhkan persiapan paling matang dan menyedot banyak dana, walaupun efeknya tak seberapa besar pada kehidupan pernikahanmu. Buatlah dengan bijak semua rencana pernikahanmu.

Setiap pasangan tentu mendambakan akhir yang indah, salah satunya adalah pernikahan. Namun, pernikahan nyatanya tak sesederhana yang kita pikirkan ketika dijalankan. Butuh persiapan dan pendewasaan yang matang baik dari dirimu, pasanganmu, maupun kedua keluarga. Oleh karenanya, sekali lagi, jangan buru-buru memutuskan menikah bila memang belum yakin dan siap.

About The Author

Reply