Dianggap Cengeng Jika Mengeluarkan air mata! Ternyata Iniloh 8 Manfaat Menangis

Menangis adalah suatu ekspresi diri yang secara alami akan muncul saat kondisi hati sedang tidak seperti biasanya. Misalnya saat sedang gundah, sedih, marah atau bahkan saat sedang bahagia sekalipun. Sebenarnya menangis memang wajar-wajar saja dialami orang asal tidak berlebihan.

jonghyun menangis

Namun terkadang orang menganggap menangis adalah hal yang tabu. Mereka beranggapan bahwa jika seseorang mengeluarkan air mata adalah orang yang cengeng. Padahal menangis itu banyak manfaatnya, justru jika dipendam malah akan menjadi penyakit. Berikut ini manfaat mengaluarkan air mata:

1. Menghilangkan tekanan dan memperbaiki mood

Minho menangis
Ternyata menangis mampu meningkatkan mood. Kondisi hati akan lebih baik setelah mengangis. Jika merasa memiliki beban berat atau kesedihan mendalam maka menangislah, rasa enteng dan tenang akan didapati setelah mengeluarkan air mata.
Menurut para ahli, menangis memang dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Berbagai sumber menyebutkan bahwa 24% protein albumin terkandung dalam air mata yang keluar dari orang yang meluapkan emosinya. Kandungan ini berdampak baik bagi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan saat orang mengalami iritasi pada matanya lalu mengeluarkan air mata.

2. Terhindar dari tekanan darah tingggi

key menangis
Menangis juga akan membuat orang terhindar dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Layaknya penghalau stres, menangis mampu meredamkan emosi seseorang yang akan berdampak buruk yaitu munculnya penyakit seperti darah tinggi.

3. Menghalaul depresi

onew menangis
Menangis itu bukan berarti cengeng jadi, jangan pernah menahan air mata demi dianggap kuat. Justru menangis sesungguhnya dapat menghalau depresi. Sebab, air mata itu bisa menurunkan tingkat stress seseorang. Air mata yang keluar ini dapat menghalau tekanan-tekanan yang menyebabkan orang mengidap depresi.

4. Menyehatkan mata

taemin menangis
Tidak perlu obat tetes mata untuk menyehatkan penglihatan mata. Menangis juga berguna untuk mengusir debu yang menempel. Oleh karena itu, rasanya tidak perlu lagi obat tetes mata untuk membuat mata kembali sehat dan bersih, karena air mata akan menggantikan fungsinya.

5. Baik untuk hidung

yoona menangis
Saat mengalami hidung tersumbat memang rasanya sangat menyiksa, namun dengan menangis mampu meredakan hidung tersumbat. Air mata juga dapat membantu melegakan saluran pernapasan karena masalah sinus. Saat menangis tekanan yang disebabkan oleh sinusitis akan berkurang. Karena, proses pertukaran udara dalam hidung menjadi tidak terhambat.

6. Melunturkan racun dan bakteri di dalam tubuh

key dan minho menangis
Saat menangis, orang sebenarnya telah mengeluarkan racun dalam tubuh melalui air mata. Dalam air mata juga terkandung cairan bernama lisozom. Kandungan ini baik untuk kesehatan karena dapat membunuh setidaknya 90% bakteri di dalam tubuh.

7. Merefleksikan diri dan meredakan emosi

taemin shinee menangis
Orang yang menangis karena sedih atau menghadapi masalah akan berpikir sebenarnya apa yang salah dengan dirinya. Dalam tangisannya itu seseorang akan berpikir kenapa begitu sedih sampai mengeluarkan air mata. Di situlah momen instrospeksi diri itu akan muncul. Setelah menangis, orang akan menjadi lebih bijak menghadapi masalahnya.

8. Lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta

jong hyun menangis
Tidak hanya berefek kepada kesehatan jasmani, menangis juga rupanya bagus untuk kesehatan rohani. Karena, saat menangis orang akan sadar apa yang sudah membuatnya seperti ini. Tidak hanya merefleksikan diri, saat menangis juga membuat orang berfikir untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Saat menangis, seseorng pasti merasa sangat membutuhkan Sang Pencipta untuk berkeluh kesah.

Jadi dengan penjelasan di atas jangan takut dianggap cengeng atau lemah kalau memang terpaksa mengeluarkan air mata. Dari pada ditahan dan akan berdampak buruk, lebih baik keluarkan saja air mata agar merasa lebih tenang dan lega.

About The Author

Reply