Cara Mengatasi Kulit Berminyak Yang Buat Wajah Menjadi Kusam

Wajah berminyak memang kerap membuat wanita tidak nyaman dikarenakan debu dan bakteri mudah menempel. Keadaan ini juga menyebabkan wajah sangat mudah terkena jerawat. Selain itu, wajah yang terlalu berminyak akan lebih terlihat kusam.

wajah berminyak

Penyebab wajah berminyak di antaranya adalah perubahan hormon seperti saat masa pubertas atau memasuki kehamilan, memakan makanan berlemak, efek stres, cuaca, keturunan dan kesalahan memilih produk kecantikan. Untuk megembalikan keseimbangan produksi minyak pada kulit, coba lakukanlah cara-cara alami berikut ini.

1. Masker putih telur

masker putih telur
Protein yang terkandung dalam putih telur sangat ampuh untuk menghilangkan kadar minyak yang berlebih dalam wajah. Masker putih telur juga sangat bermanfaat yaitu dapat mengencangkan kulit wajah serta efektif menghilangkan komedo. Selain itu sangat mudah untuk membuat sendiri masker putih telur ini.
Caranya, pisahkan kuning dengan putih telurnya dan tempatkan pada wadah yang berbeda. Kocok putih telur hingga berbusa lalu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan masker putih telur ini sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Masker tomat

Masker tomat
Maskeran rutin dengan menggunakan buah tomat dapat mengatasi wajah berminyak secara alami. Caranya, haluskan buah tomat segar lalu campur dengan madu. Setelah itu oleskan ke permukaan wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan menggunakan handuk lembut dan bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin agar wajah berminyak kembali normal.

3. Perasan air Jeruk nipis

Perasan air Jeruk nipis
Asam sitrat dan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis efektif mengurangi kandungan minyak berlebih dalam kulit. Selain itu, jeruk nipis juga bisa membuat kulit lebih, kencang, cerah dan bebas jerawat. Apabila memiliki kulit yang sensitif terhadap buah ini sebaiknya gunakan perawatan lain.
Caranya, belah jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu peras dalam wadah. Oleskan secara merata ke permukaan wajah. Biarkan sekitar 30 menit hingga meresap ke kulit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk dapat mengatasi kulit berminyak.

4. Madu

madu
Madu mengandung banyak zat yang dapat bermanfaat menghaluskan dan menjaga keseimbangan kadar minyak dalam kulit. Sifat antibiotik yang terkandung dalam madu juga dapat menyembuhkan infeksi pada kulit.
Caranya, oleskan madu secara merata ke permukaan wajahm di pagi dan malam hari selama 15-20 menit kemudian basuhlah wajah dengan air hangat. Keringkan dengan handuk lembut dan bersih

5. Rendaman daun seledri

Rendaman daun seledri
Tidak banyak yang tahu jika seledri dapat digunakan untuk perawatan kulit, khususnya pada kulit berminyak.Caranya, Siapkan daun seledri yang sudah dipotong lalu rendam dalam air panas sekitar 25-30 menit. Saring rendaman seledri ini dan diamkan sekitar 30 menit.
Oleskan air rendaman daun seledri ke permukaan wajah hingga mengering kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk lembut yang bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

About The Author