Atasi Nyeri Saat Menstruasi dengan Jus Sehat ini

Normalnya setiap sebulan sekali wanita mengalami menstruasi. Terkadang menstruasi juga disertai dengan nyeri yang mengganggu. Beberapa wanita mungkin mengalami nyeri yang sangat hebat saat menstruasi atau beberapa hari sebelum menstruasi yang sering di sebut PMS (Premenstrual Syndrom).

PMS

Rasa nyeri yang tidak tertahankan terkadang membuat kita tersiksa dan akhirnya mengganggu kegiatan sehari-hari hingga akhirnya bad mood seharian. Istilah medis untuk nyeri saat menstruasi ini adalah Dysmenorrhea dibaca dismenore. Dismenore ini disebabkan adanya ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh.

Untuk meredakan nyeri kebanyakan wanita mengonsumsi obat-obaan. Namun, penggunaan obat penghilang rasa sakit ini bisa saja menimbulkan efek samping. Salah satu cara yang alami ini dapat dicoba untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi yaitu dengan meminum aneka jus segar seperti di bawah ini.

1. Jus Alpukat

jus alpukat
Jus alpukat juga bisa dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Hal ini dikarenakan jus alpukat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu kandungan B6 pada alpukat mampu meredakan rasa nyeri pada saat menstruasi dan kandungan vitamin E pada alpukat mampu meringankan gejala PMS lainnya.

2. Jus Pisang

jus pisang
Didalam buah pisang mengandung potasium dan vitamin B6 dan kalium yang bermanfaat untuk meredakan nyeri dan gangguan pencernaan saat menstruasi juga bisa mencegah kembung. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jus pisang saat menstruasi. Jus pisang mampu merilekskan otot-otot rahim dan meringankan rasa nyeri akibat kram.

Jus pisang ini bisa dikombinasikan dengan bayam, karena bayam merupakan sumber antioksidan yang sangat baik sehingga membuat metabolisme lebih baik.
caranya campurkan 4 gelas kecil bayam mentah, 1 buah pisang ukuran sedang dan 150 gram yogurt ( bisa pilih yogurt yang ada rasanya atau yang tidak berasa sama sekali), blender dengan sedikit air sampai tercampur rata.

3. Jus Nanas

jus nanas
Kram saat menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang membantu melepaskan dinding rahim dari tubuh. Jus nanas kaya akan bromelain yaitu kandungan yang bermanfaat dapat merilekskan otot-otot pada rahim dan mengurangi kram, sehingga rasa sakit akibat kram dapat berkurang pada saat mentruasi.

4. Jus Brokoli

jus brokoli
Tidak hanya membuat jus dari buah-buahan, jus sayuran brokoli ini juga ampuh menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. Brokoli mengandung serat yang tinggi, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, magnesium dan pottasium yang mampu meredakan rasa nyeri pada saat menstruasi dan mengusir rasa tidak nyaman diperut akibat menstruasi.

5. Jus Wortel

jus wortel
Tidak hanya baik bagi kesehatan mata, jus wortel juga ternyata mampu mengurangi rasa sakit akibat kram saat menstruasi. Hal ini karena kandungan fitoestrogen yang terkandung dalam wortel dapat membantuk meredakan nyeri haid. Jus wortel sangat baik dikonsumsi saat menstruasi karena mampu mengurangi rasa sakit, dapat mengatur pendarahan berat dan mengurangi kram.

6. Jus Wortel, Apel dan Jeruk

jus wortel apel jeruk
Setelah wortel, ada buah apel dan jeruk bisa diandalkan sebagai makanan atau camilan sehat ketika menstruasi datang. Apel dan jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membuat lebih nyaman ketika menstruasi. Menurut para ahli, makanan yang mengandung vitamin C tinggi mampu mencegah peradangan, jadi dapat menurunkan rasa sakit ketika menstruasi. Caranya campurkan 1 buah apel ukuran sedang ( kurang lebih 180gram ), 2 buah jeruk yang sudah dikupas (kurang lebih 262gram), dan 5 wortel ukuran sedang blender hingga tercampur rata.

Dengan jus sehat diatas kita bisa mengatasi nyeri saat menstruasi tanpa menggunakan obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping. Mari kita mulai hidup sehat dengan bahan-bahan alami!

About The Author

Reply