9 Tips Traveling Hemat Untuk Para Pelajar

Libur semester biasanya hari yang paling ditunggu bagi para pelajar. Setelah menjalani aktivitas belajar dan setelah menjalani ujian akhir semester yang melelahkan, bagi para pelajar pasti perlu waktu untuk bersantai dan bersenang-senang.

Mumpung masih muda,banyak petualangan seru yang pastinya ingin dijelajahi. Jangan hanya menjelajahi media sosial saja, dunia ini banyak sekali tempat seru yang bisa dijelajahi.

Jika berbicara tentang jalan-jalan, kendala utama bagi para pelajar biasanya adalah soal budget. Namun jangan bersedih hati, berikut ini beberapa tips hemat yang bisa dicoba saat traveling.

1. Buat perencanaan dengan niat

Buat perencanaan dengan niat
Buat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari. Cari tempat mana yang ingin di datangi, perbekalan apa saja yang harus dibawa dan sebagainya. Yang paling penting , jika membuat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari, terlebih dahulu bisa menabung biaya perjalanan yang diperlukan pada saat traveling nanti.

2. Manfaatkan semua yang ada

Manfaatkan semua yang ada
Jika mempunyai kenalan atau saudara di tempat tujuan traveling, manfaatkanlah. Daripada menginap di hotel, lebih baik menginap di tempat saudara atau kenalan. Hal ini bisa mengurangi biaya keluar saat traveling. Selain itu, jika ingin mengunjungi objek wisata, carilah yang banyak diskonnya. Biasanya beberapa objek wisata memberikan diskon tiket masuk jika tiketnya dibeli dalam bentuk paket atau rombongan.

3. Tidak perlu memakai Tour Guide

Tidak perlu memakai Tour Guide
Sekarang ini zamannya internet, jadi tidak perlu tour guide jika berkunjung ke objek wisata. Cukup cari tahu lewat google tentang cerita, sejarah atau spot-spot menarik di tempat objek wisata yang ingin dikunjungi.

4. Pilih tanggal yang low season

Pilih tanggal yang low season
Jangan traveling di saat musim liburan. Kalau bisa hindari dan pilih tanggal yang low season. Karena saat musim liburan, harga tiket dan akomodasi akan lebih mahal daripada hari biasanya. Selain itu, tempat wisata juga pasti ramai. Bahkan saat musim liburan tingkat kriminalitasnya juga meningkat.

5. Menginap di hostel bukan hotel

Pilih tanggal yang low season
Tentunya menginap di hostel jauh lebih murah bagi kantong pelajar dan lebih seru daripada menginap di hotel. Saat ini sudah banyak hostel murah dan nyaman, tinggal browsing untuk cari hostel yang sesuai keinginan. Banyak hal seru yang bisa ditemui jika menginap di hostel. Mulai dari berbagi kamar dengan tamu-tamu lain, sampai bertemu turis-turis backpacker.

6. Tidak perlu membeli, lebih baik pinjam saja

Tidak perlu membeli, lebih baik pinjam saja
Biasanya jika ingin traveling, perlu menyiapkan perlengkapan. Terutama kalau perjalanannya bersifat petualangan di alam bebas seperti hiking dan diving.  Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan, tidak perlu membeli, cuku pinjam saja kepada teman atau saudara yang punya. Selain itu bisa dengan menyewanya, daripada harus beli tapi hanya dipakai sekali saja.

7. Gunakan transportasi umum

Gunakan transportasi umum
Untuk jalan-jalan di kota tujuan wisata, usahakan naik transportasi publik dari pada naik taksi yang biayanya lebih mahal. Kalau bisa cari tumpangan saja.

8. Bawa perbekalan dari rumah

Bawa perbekalan dari rumah
Jangan lupa membawa perbekalan dari rumah, ini bisa mengurangi budget untuk membeli makanan. Pilihlah makanan perbekalan yang bersifat tahan lama, seperti mie instan cup, roti, keripik kentang atau lainnya. Jika tidak membawa makan usahakan jangan makan di restoran. Coba makan di warung-warung pinggir jalan, selain murah juga bisa mencicipi makanan khas setempat.

9. Beli oleh-oleh di pasar jangan di toko-toko

Beli oleh-oleh di pasar jangan di toko-toko
Souvenir atau oleh-oleh yang dijual di pasar jelas jauh lebih murah dibandingkan di toko, dan harga nya pun bisa ditawar. Namum perlu pandai menawar dan jeli memilih agar tidak dapat barang yang jelek.

About The Author