8 Manfaat Meminum Perasan Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Perasan Air Jeruk Nipis

Air merupakan substansi penting bagi tubuh. Hampir 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Maka sangat penting untuk mengonsumsinya secara rutin dan teratur untuk menjaga tubuh secara menyeluruh. Air berguna untuk membuang zat-zat racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan membuat kita tetap bertenaga.

Beberapa orang tidak menyukai mengonsumsi air putih karena tidak memiliki rasa dan cenderung lebih memilih untuk mengonsumsi jus atau teh. Minuman-minuman ini biasanya mengandung pemanis tambahan dan jumlah kalori yang lebig banyak. Jika anda selalu mengonsumsi minuman tersebut, sebaiknya anda mencoba mengganti kebiasaan anda dengan menambahkan perasan jeruk nipis pada minuman anda. Selain membuat rasanya lebih nikmat, air jeruk nipis juga memberikan beberapa keuntungan untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meremajakan Kulit
Beberapa produk perawatan kulit mungkin menyataka bahwa produk mereka dapat menyehatkan dan membuat wajah anda terlihat muda. Namun, ternyata anda bisa mengonsumsi jeruk nipis untuk merawat kulit anda agar tetap sehat terawat. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Mengonsumsi perasan air jeruk nipis dapat menghindari dan meremajakan kulit anda. Hindari mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung kekulit anda karen paparan sinar matahari dapat menyebabkan anda mengalami rasa panas pada area kulit anda.

2. Memperbaiki Pencernaan

Jeruk Nipis

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Jika anda mengalami sembelit, sifat asam pada jeruk nipis akan merangsang pergerakan usus anda. Apabila anda mengalami rasa panas pada ulu hati, minum segelas air hangat denga 2 sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan mungkin dapat mencegah gejala tersebut.

3. Mencegah Infeksi
Apabila anda ingin tetap sehat, khususnya saat musim hujan anda harus mengonsumsi air jeruk nipis. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung didalamnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu anda melawan infeksi virus flu. Selain itu meminum perasan air jeruk nipis dapat memperpendek durasi sakit anda.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Perasan Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan mungikin banyak diinginkan oleh sebagian orang. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membantu anda dalam membakar kalori dan lemak. Namun, aktivitas fisik pun dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran akan lebih membantu anda menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Gula Darah
Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki kadar gula darah yang rendah dan membantu mengatur penyerapan gula ke darah. Hasilnya, gula darah anda akan terjaga dengan baik.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Air Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kalim dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah.Hal tersebut membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian yang sedang berlangsung pun menyelidiki bahwa terdapat senyawa dalam jeruk nipis yang bernama limonin yang mungkin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Menurunkan Risiko Kanker
Penyakit kanker merupakan pertumbuhan abnormal yang dapat berkembang dibagian tubuh mana saja. Mengonsumsi air jeruk nipis dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker. Kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis dapatmembantu menjaga kesehatan pertumbuhan sel dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

8. Mengurangi Peradangan
Beberapa penyakit peradangan seperti radang sendi, asam urat, dan penyakit sendi lainnya dapat dikurangi dengan mengonsumsi perasan air jeruk nipis. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala yang muncul. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih sedikit vitamin C memiliki kemungkinan terkena radang sendi tiga kali lebih besar.

About The Author

Reply