8 Khasiat dan Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan dan Masakan Harian Anda

Manfaat ketumbar untuk kesehatan dan Masakan Harian Anda gambar 1

Ketumbar atau bahasa ilmiah(Coriandrum sativum)Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin diketahui sebagai cilantro merupakan tumbuhan rempah-rempah yang populer. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, bisa digerus ataupun tidak. Wujud yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat dinamakan fructus coriandri.

Pada saat ini, dikala beberapa besar orang membeli rempah-rempah siap pakai, banyak individu dengan kepercayaan tradisional lebih percaya pada mutu rempah-rempah mentah. Mereka lebih menyukai membeli bumbu mentah seperti biji ketumbar dan menggilingnya sendiri. Ini jelas membuat mereka lebih percaya pada kualitas rempah-rempah. Khususnya di desa-desa, orang lebih memilih untuk menggiling bumbu mentah sendiri. Ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah yang menambah aroma dan rasa yang menakjubkan untuk untuk berbagai kenikmatan masakan atau kuliner. Selain itu, ketumbar membawa banyak manfaat kesehatan jasmani dan membantu dalam pencegahan dan penyembuhan banyak penyakit. Di sini kita akan membahas beberapa manfaat menggunakan biji ketumbar untuk kesehatan dan masakan harian Anda:

Manfaat ketumbar untuk kesehatan dan Masakan Harian Anda gambar 2

1. Menurunkan Gula Darah

Biji ketumbar dan minyak esensial keduanya mempunyai efek menurunkan gula darah pada tubuh manusia. Efeknya sesungguhnya betul-betul terapeutik(dapat menolong menyembuhkan)dan kemungkinan orang yang menderita gula darah rendah atau minum obat penurun gula darah diperingatkan untuk berhati-hati memakai produk ketumbar.

2. Sumber Serat Makanan

Sama seperti bumbu lainnya, ketumbar merupakan sumber serat makanan yang kaya dan membantu mengurangi keadaan wasir atau sembelit. Selain itu, tidak seperti biji rempah-rempah kering lainnya yang kekurangan vitamin C, biji ketumbar mengandung cukup banyak vitamin anti-oksidan ini. Biji ketumbar juga membantu dalam memurnikan darah dan mengobati jerawat dan komedo.

Manfaat ketumbar untuk kesehatan dan Masakan Harian Anda gambar 3

3. Memerangi Keracunan Makanan

Sebagian penelitian menampilkan bahwa ketumbar merupakan salah satu dari beberapa herbal yang mempunyai efek antimikroba yang kuat terhadap patogen yang dibawa makanan. Saat anda Memakainya dalam masakan atau kuliner Anda, Anda sesungguhnya menambahkan lapisan perlindungan tambahan terhadap risiko keracunan makanan.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi orang yang menderita hipertensi, mengkonsumsi bumbu ini sudah terbukti mengurangi tekanan darah. Tidak hanya menolong memodulasi kegiatan usus secara positif, namun juga mempunyai efek diuretik pada tubuh, yang benar benar menolong orang yang menderita tekanan darah tinggi. Saat Anda mengobati tekanan darah tinggi, Anda juga mengurangi risiko situasi serius dan mematikan seperti pembekuan darah dan stroke.

5. Membantu Infeksi Saluran Kemih

Biji ketumbar benar-benar membantu dalam meredakan gejala infeksi saluran kemih atau ISK. Cukup rendam 1,5 sendok teh biji ketumbar kering semalam dalam dua gelas air. Saring dan minum, atau tambahkan saja ke minuman berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula/gula pasir, susu tawar cair dan es batu. Ini menolong meredakan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang berhubungan dengan ISK dan membantu mempercepat penyembuhan secara keseluruhan.

Manfaat ketumbar untuk kesehatan dan Masakan Harian Anda gambar 4

6. Mendukung Fungsi Menstruasi yang Sehat

Biji ketumbar sesungguhnya membantu mendorong fungsi menstruasi yang sehat dengan membantu mengontrol fungsi kelenjar endokrin yang ideal dan hormon yang mengendalikan siklus menstruasi. Selain itu, ketumbar dapat membantu mengurangi kembung, kram dan nyeri dalam tubuh wanita, khususnya pada bagian organ reproduksi.

7. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Penelitian sudah memperlihatkan bahwa dengan memasukkan ketumbar ke dalam diet Anda, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam satu percobaan pada binatang, penurunan kolesterol jahat atau LDL yang signifikan dan peningkatan kolesterol sehat atau HDL digambarkan di antara subjek yang diberi biji ketumbar. Jadi Anda berharap atau berkeinginan menurunkan kolesterol secara keseluruhan dan menyeimbangkan LDL dengan kolesterol HDL, bumbu ini dapat membantu mengerjakan trik.

8. Dapat Mencegah Peradangan & Penyakit Neurologis (kelainan pada sistem saraf)

Penyakit neurodegeneratif – termasuk Alzheimer’s (Pikun), Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak dan meningitis – berkaitan dengan peradangan kronis. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Neurobiology menemukan bahwa diet tinggi kunyit, lada, cengkeh, jahe, bawang putih, kayu manis dan ketumbar membantu menargetkan jalur peradangan dan mencegah penyakit neurodegeneratif. Para peneliti mencatat bahwa faktor gaya hidup individu dengan diet kaya gizi ini menampilkan insiden degenerasi neurologis yang lebih rendah.

About The Author

Reply