8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Ini Memiliki Dampak Buruk Bagi Penampilan dan Kesehatan

Kesehatan Menurun

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dapat membuat kesehatan kita menurun, maka sebaiknya kita tinggalkan kebiasaan itu. Kita harus segera merubah kebiasaan buruk itu agar kesehatan kita meningkat dan terhindar dari penyakit.

1. Mengelupas Kulit Bibir Kering
Tanpa kita sadari kita mungkin sering melakukan kebiasaan ini. Mengelupas kulit bibir yang kering dapat menyebabkan bagian kulit yang belum mengering akan ikut terlepas dan dapat menyebabkan luka lesi. Dengan adanya luka pada bibir akan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa perih serta bibir juga akan menjadi hitam. Sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk ini.

2. Mandi Menggunakan Air Hangat
Mungkin sebagian orang suka mandi memakai air hangat dipagi hari. Karena udara yang dingin di luar. Tapi sebenarnya mandi memakai air hangat dapat menyebabkan berbagai macam risiko apabila mandi terlalu lama. Yaitu dapat menyebabkan kulit pecah-pecah dan gatal. Apalagi orang yang memiliki kulit kering sebaiknya menghindari mandi memakai air hangat.

Juga dapat menyebabkan rambut bercabang. Apalagi mandi air hangat saat pagi hari yang udaranya lembab, akan mengakibatkan tekanan darah menurun secara mendadak. Maka sebaiknya saat udara lembab dipagi hari dianjurkan untuk mandi memakai air dingin.

3. Menggunakan Ponsel atau Tablet Sambil Tiduran
Tidak dapat di pungkiri, kita pasti sering melakukan kebiasan ini. Namun memainkan ponsel sambil tiduran dapat menggangu kesehatan. Apalagi saat malam hari, sebelum tidur kita cenderung memainkan ponsel. Padahal hal ini dapat membuat kita insomnia. Dan yang paling parah dapat membuat kita kanker mata hingga kebutaan.

4. Duduk Dengan Kaki Disilangkan
Duduk dengan kaki disilangkan adalah postur yang sering dilakukan oleh perempuan. Bahkan banyak dari mereka yang beranggapan bahwa postur tersebut merupakan simbol elegan dan keanggunan seorang wanita. Kebiasaan ini seharunya dihindari karena ternyata postur menyilangkan kaki ini mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan dari mulai menyebabkan pegal-pegal dipunggung sampai berpotensi berpenyakit varises. Maka sebaiknya posisi ini harus ditinggalkan.

5. Tidak Menghapus Make Up Sebelum Tidur
Make up sudah tidak asing lagi bagi wanita, karena make up merupakan kepentingan pokok bagi wanita. Setelah melakukan aktivitas yang berat dipagi hari, kita akan merasa kelelahan sehingga setelah kita pulang kerumah kita akan langsung tertidur dan tidak menghapus make up. Namun jika kita malas untuk menghapus make up saat akan tidur dapat menimbulkan efek yang buruk terhadap wajah kita. Seperti dapat menimbulkan jerawat, kulit kering, pori-pori wajah membesar dan iritasi. Hilangkan kebiasaan buruk ini agar mendapatkan kulit wajah yang lembut.

6. Menyisir Rambut Setelah Dikeramas
Menyisir rambut setelah dikeramas sering kali kita lakukan. Sebaiknya kebiasaan ini kita hindari, karena menurut para ahli menyisir rambut saat masih basah akan menyebabkan rambut anda rusak. Ketika menyisir saat keadaan rambut basah, kita akan menarik rambut sekuat-kuatnya sehingga akan mengalami gesekan dan mudah patah. Oleh karena itu sebaiknya keringkan dulu rambut sebelum menyisir.

7. Kurang Minum Air Putih
Air sangat lah penting bagi tubuh kita. Namun sebagian orang sering menunda untuk minum air putih, apalagi tidak minum setelah makan. Banyak fungsi tubuh yang bergantung pada air. Kekurangan cairan pada tubuh dapat mengakibatkan dehidrasi, mengganggu sistem kekebalan tubuh, sakit kepala dan masih banyak lagi. Maka dari itu sebaiknya harus sering mengonsumsi air putih.

8. Kurang Tidur
Bagi para pegawai yang memiliki jadwal padat pasti akan kekurangan tidur karena cenderung sulit meluangkan waktu untuk istirahat. Namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena hal tersebut dapat mengakibatkan serangan jantung, meningkatnya risiko kanker, menjadi pelupa. Tidurlah secara teratur agar tubuh memiliki energi untuk melakukan aktifitas.

About The Author

Reply