7 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Sebuah Kegagalan

Kegagalan, sebagaimana keberhasilan, adalah dua kemungkinan yang niscaya dalam sebuah usaha. Jika berhati-hati, keberhasilan bisa didapati. Namun jika lalai, kegagalan lah yang akan dihadapi.

Kegagalan yang membuat terpuruk

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan, pernah jatuh berulangkali. Pernah merasakan pahitnya berjuang sendiri tanpa penyemangat. Pernah berusaha sebaik apapun, namun takdir masih belum menyatakan sebuah keberhasilan. Tapi, kita perlu bangkit, perlu berdiri lagi, perlu berjalan lagi atau menyambangi kegagalan berikutnya. Tidak semua kegagalan itu hal yang buruk. Kita justru akan mendapatkan pelajaran yang tak terduga.

bangkit dari kegagalan untuk mencapai kesuksesan

Tidak usah khawatir dalam menghadapinya, renungkan hal berikut agar bangkit dari hal-hal yang membuat terpuruk.

1. Tuhan Sedang Menyiapkan Kisah Yang Indah

Kisah yang indah sedang disiapkan Tuhan. Bayangkan saja hidup ini seperti sebuah cerita, terdiri dari prolog, isi, dan epilog. Perjuangan adalah isi di antara dua bagian tersebut. Jika berhasil percaya pada Tuhan dan bangkitlah dari kegagalan, niscaya akan ada kisah yang indah sebagai epilog dari sebuah perjuangan.

2. Melatih Diri Untuk Selalu Berpikir Positif

berfikir positif

Berfikir lebih positif dan berhenti menyalahkan keadaan dapat membuat kehidupan berubah drastis. Cobalah untuk berfikir positif, alam akan merefleksikan bagaimana cara kita berfikir dan itu akan berdampak pada diri kita sendiri. Dan hanya dari kegagalan lah berfikir positif bisa terlatih.

3. Tidak Ada Lagi Alasan Untuk Tinggi Hati

Selama ini mungkin merasa diri sebagai yang terbaik. Merasa tidak ada yang bisa menggeser kedudukan. Rasa tinggi hati membuat tidak sadar bahwa masih banyak di luar sana yang jauh lebih baik.

Saat kegagalan menghampiri, akhirnya akan mengerti bahwa di atas langit masih ada langit. Predikat ‘terbaik’ yang selama ini didapat tidak seharusnya membuat tinggi hati. Sebaliknya, ini justru harus memacu untuk tak cepat berpuas diri. Jangan sampai, akibat berada di tempat yang terlalu tinggi, lalu gagal menyadari betapa dekatnya dengan jurang.

4. Hidup Itu Ditentukan Oleh Diri Sendiri

Di dalam jurang yang bisa membuat terpuruk tersebut pasti ada bagian tebing atas yang disinari matahari. Hal itu tergantung pada diri sendiri, apakah ingin berhenti berusaha untuk mencapai atas atau membiarkan gelap yang membuat hidup terus terpuruk.

5. Berlatih Untuk Tidak Mudah Mengeluh

Salah satu faktor penyebab dari kegagalan itu sendiri adalah mengeluh. Jika tidak berusaha dan terus-terusan mengeluh akan keadaan, bagaimana hal itu akan berubah? Sesuatu selalu membutuhkan usaha untuk mencapainya. Berhentilah mengeluh dan siapkan rencana demi membuat alur kemenangan sendiri.

6. Siapkan Rencana Selanjutnya dan Lekas Move On!

move on

Kehidupan ditentukan oleh diri sendiri. Jika ingin berhasil, susunlah rencana itu dengan sebaik mungkin. Anggap saja hidup ini adalah perjalanan naik ke gunung. Tentunya persiapkan segala hal yang akan dibutuhkan di sana nanti.

Bayangkan saja batu terjal akan menjadi kegagalan dan membuat terperosok ke dalam lumpur. Jika sudah disiapkan sejak awal, pasti akan bisa menghadapi situasi semacam ini.

7. Lebih Memahami Makna Motivasi
Motivasi haruslah dicari untuk membuat semangat kita kembali bangkit. Hal-hal yang dapat memotivasi seseorang antara satu dengan yang lain terkadang berbeda. Maka, carilah motivasi sendiri yang akan bisa mendorong untuk terus bangkit dan maju ke depan. Tentunya, sertai juga dengan usaha yang nyata.

Kegagalan memang sebuah bukti adanya kelalaian dalam diri kita. Namun tidak lantas membuat terpuruk. Manfaatkan ruang kegagalan tersebut untuk memperbaiki diri dan jadikan pijakan untuk bangkit kembali

Tetaplah semangat meski kegagalan menimpa. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Yakinlah, masih ada banyak jalan yang bisa dilalui. Kita cuma perlu berani untuk melewatinya.

About The Author

Reply