6 Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan

Sejak kecil orangtua selalu menyuruh untuk rajin mengonsumsi wortel karena vitamin A yang terkandung di dalamnya dapat membantu untuk kesehatan mata. Sayangnya hal ini sering diabaikan karena kebanyakan orang tidak terlalu suka mengonsumsinya.

Manfaat jus wortel

Padahal ada banyak sekali cara untuk mengonsumsinya, salah satunya dengan cara di jus. Karena ternyata selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan. Mari simak infonya dibawah ini!

1. Menstimulasi produksi kolagen

Tingginya kadar vitamin C yang terkadung dalam jus wortel ternyata dapat bekerja untuk merangsang produksi kolagen dan menjaga elastisitas kulit. Kolagen inilah yang membuat kulit terasa lebih kencang, kenyal, dan sehat. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Dalam hal ini, jus wortel adalah minuman yang cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet atau gaya hidup sehat untuk mencegah dan mengurangi tanda pennuaan.

2. Kulit menjadi bercahaya

Kulit lebih bercahaya
Tingginya kadar karotenoid yang terdapat dalam wortel adalah antioksidan kuat yang bekerja untuk mencegah radikal bebas yang mengurangi kulit menjadi bercahaya dan juga sehat. Jus wortel juga mampu menghidrasi sehingga bisa bekerja untuk mempertahankan tingkat kelembaban yang mengarah ke kulit yang sehat dan berseri.

3. Mengurangi timbulnya jerawat

Kandungan beta karoten pada jus wortel membuatnya efektif dalam mengendalikan produksi sebum atau minyak berlebih dan mengurangi timbulnya jerawat. Untuk hasil yang lebih efektif dan maksimal, sangat disarankan untuk meminum jus wortel beserta aplikasinya secara topikal seperti menggunakan masker dengan bahan dasar wortel misalnya.

4. Mencegah dan mengobati kerusakan akibat matahari

Mencegah dan mengobati kerusakan akibat matahari
Secara topikal, jus wortel mampu membantu memerangi kerusakan akibat sinar matahari karena mengandung falcarinol serta antioksidan. Selain itu juga, karotin yang terkandung dalam wortel bertindak sebagai pelindung matahari yang sangat ringan di kulit.

5. Mengurangi kemerahan dan bekas luka

Jus wortel mengandung beta karoten dalam jumlah tinggi yang nantinya akan berubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A. Vitamin A inilah yang bekerja sebagai vitamin yang ajaib bila menyangkut penyembuhan kulit dan mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

6. Meningkatkan energi dan metabolisme

Meningkatkan energi dan metabolisme
Jus wortel mampu meningkatkan kadar energi dalam tubuh serta bisa memberi dorongan metabolisme tubuh. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalamnya ini secara aktif akan memecah glukosa, lemak, dan protein dan memastikan energi dalam tubuh digunakan secara efisien. Bila kita memiliki banyak energi, tentu jadi terlihat lebih sehat dan lebih hidup.

Setelah membaca ulasan di atas, mulai sekarang rajin-rajin mengonsumsi wortel karena sudah tahu akan khasiatnya selain untuk kesehatn mata. Jika tidak suka dengan wortel utuh bisa dengan mengolahnya menjadi kue wortel atau mie wortel atau olahan lainnya. Yang jelas, untuk menjaga kecantikan tidak cukup mengandalkan perawatan kimiawi tapi juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat.

About The Author

Reply