5 Film Korea Bertema Keluarga Ini Bakal Sukses Menguras Air Mata

Film ataupun drama korea memang sedang banyak di gandrungi oleh semua orang. Tidak hanya karena dibintangi aktris bertalenta, film atau drama korea juga memiliki beragam genre yang menarik perhatian. Ada komedi, romansa, kejidupan, persahabatan, misteri, thriller, dan keluarga.

Film bertema keluarga sering kali mengharu biru. Seperti 5 film korea bertema keluarga berikut ini.

1. Wedding Dress (2010)

Wedding Dress

Dirilis pada Januari 2010, film korea ini bercerita tentang seorang single mother yang bekerja sebagai seorang perancang busana pengantin bernama Go Eun (Song Yoon Ah) dan memiliki seorang anak perempuan yang masih berumu 9 tahun So Ra (Kim Hyang Ki). Go Eun merupakan orang yang pekerja keras yang sibuk dengan pekerjaannya. So Ra memiliki sifat yang keras kepala, penyendiri, tertutup, dan tidak peduli terhadap orang-orang disekitarnya, tapi ia cukup dewasa dibandingkan dengna anak-anak seumurannya. Hingga suatu hari sang ibu terdiagnosis menderita penyakit lambung dan divonis oleh dokter memiliki harapan hidup kecil dan sudah tidak lama lagi. Hal tersebut pun membuat sang ibu berubah dan lebih sering menghabiskan waktunya bersama sang anak serta, mempersiapkan So Ra untuk hidup tanpa ibunya dan juga mengubah kebiasaan-kebiasaan So Ra hingga ia bisa menjadi lebih mandiri. Lama kelamaan So Ra pun menebak bahwa ibunya tengah mengalami sakit parah juga mulai sedikit demi sedikit berubah. Ia berusaha membuat segala keinginan ibunya terhadap dirinya tercapai sebelum ibunya meninggalkannya.

2. Harmony (2010)

Harmony

Film ini menceritakan tentang sekelompok narapidana yang membentuk sebuah grup paduan suara. Ide tersebut muncul dari Hong Jeong Hye (Kim Yunjin), seorang narapidana yang hamil dan melahirkan dalam rumah tahanan. Menurut peraturan, dia diijinkan merawat bayinya hingga bayi tersebut berusia 1,5 tahun. Kemudian bayi tersebut akan diadopsi oleh keluarga lain. Karena dia begitu merindukan anaknya, dia ingin menemuinya lagi dengan cara membentuk grup paduan suara. Selain kisah Jeong Hye, film ini juga menyorot permasalahan keluarga dari narapidana perempuan yang lain. Misalnya, kisah Kim Moon Ok (Na Moon Hee), sang kondaktur paduan suara dan mantan profesor musik, yang dijatuhi hukuman mati. Namun, anak perempuannya tidak mau bicara dengannya lagi.

3. A Long Visit (2010)

A Long Visit

Film inii menceritakan tentang hubungan antara ibu dan anak yang cinta-nya tak pernah lekang oleh waktu. Dalam film ini, menceritakan tentang Ji Suk (Park Jin Hee), seorang remaja perempuan dari keluarga yang kurang mapan. Merasa hidupnya sudah Ji Suk pun sering mengeluh dan malu mengakui ibunya (Kim Hae SOOK) yang berpenampilan lusuh. Hingga pada suatu hari Ji Suk diterima di universitas Seoul yang membuatnya pergi meninggalkan rumah, bekerja, hingga menikah disana. Seiring berjalannya waktu, Ji Suk tiba-tiba pulang kerumah ibunya untuk menemui dan menghabiskan waktu bersama ibunya. Sang ibu pun merasa curiga terhadapa sikap putrinya tersebut. Hingga akhirnya sang ibu pun menghubungi suami Ji Suk dan mendapati kabar bahwa hidup Jisuk tak akan lami lagi karena Ji Suk ternyata sedang sakit, ia mengalami kanker pankreas stadium akhir.

4. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle in Cell No. 7

Film ini menceritakan seorang ayah bernama Lee Yong Goo (Ryu Seung Ryong) yang memiliki keterbelakangan mental dan juga memiliki seorang anak perempuan berusia 6 tahun bernama Ye Sung (Kal So Won) yang cerdas. Namun pada suatu hari mereka berdua pun harus berpisah karena sang ayah dituduh melakukan pemerkosaan dan pembunuhan terhadap anak dari komisaris jendral polisi. Karena tuduhan tersebut sang ayah pun dijatuhi hukuman mati. Selama menunggu eksekusi mati, sang ayah pun tinggal didalam penjara no 7 yang merupakan penjara untuk kelas kakap dan berbahaya. Hingga akhirnya Ye Sung pun menjadi gadis dewasa yang diperankan oleh Park Shin Hye, menjadi seorang pengacara yang ingin membela ayahnya bahwa ia tidak bersalah di pengadilan.

5. Along with the Gods: The Two Worlds (2017)

Along with the Gods

Seorang pemadam kebakaran bernama Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun) meninggal setelah menyelamatkan seseorang. Kemudian, tiga malaikat maut yaitu Gang Lim (Ha Jung Woo), Haewonmak (Ju Ji Hoon), dan Lee Deok Choon (Kim Hyang Gi) menjadi pembela dalam tujuh sidang yang harus dilalui arwah Ja Hong di akhirat selama 49 hari. Ja Hong harus lolos dan dinyatakan tidak bersalah dalam semua sidang tersebut untuk bisa bereinkarnasi. Namun, sebetulnya yang paling diinginkan oleh Ja Hong bukanlah reinkarnasi itu sendiri melainkan kesempatan untuk berpamitan pada ibunya melalui mimpi. Sepanjang film, pada tiap persidangan yang Ja Hong lalui, pelan-pelan terkuak permasalahan keluarga yang dimilikinya. Bahkan, hampir semua dosanya yang disidang pada tiap persidangan berhubungan dengan keluarganya. Dia sendiri selama hidup tidak pernah lagi pulang ke rumah ibunya setelah kabur belasan tahun sebelumnya. Ja Hong hanya mengirimkan uang dan surat yang ditujukan pada ibunya, namun tak pernah dia datang menemuinya secara langsung. Ja Hong juga tidak akur dengan adik laki-lakinya, Kim Soo Hong (Kim Dong Wook). Keduanya bertengkar hebat sebelum Ja Hong kabur dari rumah dan tidak pernah bicara lagi sejak saat itu.

Itulah beberapa film korea bertema keluarga yang mampu menguras air mata.

About The Author