5 Cara Pengobatan Kanker Payudara Yang Harus Anda Ketahui

Cara Pengobatan Kanker Payudara Yang Harus Anda Ketahui

Terdiagnosis kanker adalah salah satu hal terburuk yang bisa Anda temukan. Hari ini menjadi sangat umum pada orang yang terinfeksi semua jenis kanker. Di antara ini, salah satu jenis yang lebih umum adalah kanker payudara. Jika Anda telah terdiagnosis kanker payudara, hal berikutnya yang harus Anda pikirkan adalah berkonsultasi dengan dokter Anda tentang apa saja pilihan pengobatan kanker payudara yang tersedia untuk Anda. Artikel ini akan berbicara tentang beberapa cara pengobatan kanker payudara.

1. Operasi

Pembedahan seringkali merupakan langkah pertama dalam pengobatan kanker payudara. Menghilangkan benjolan dan jaringan kanker sangat penting dalam banyak kasus untuk mencegah kanker menyebar lebih jauh. Tergantung pada stadium (yang dinilai berdasarkan ukuran dan penyebaran penyakit) seorang wanita dengan kanker payudara mungkin memiliki mastektomi atau lumpektomi.

Mastektomi adalah pengangkatan seluruh payudara, di mana lumpektomi menyimpan sebagian besar jaringan payudara tetapi hanya mengangkat benjolan itu sendiri dan jaringan payudara yang sangat dekat. Seorang dokter akan merekomendasikan tindakan yang paling aman untuk setiap jenis kanker. Kanker stadium I, yang belum menyebar di luar benjolan mungkin diobati dengan lumpektomi dan radiasi, misalnya, di mana penyebaran kanker yang lebih luas seperti Stadium 2b atau 3 melibatkan lebih banyak jaringan payudara dan sekitarnya dan mungkin memerlukan mastektomi lengkap untuk prognosis terbaik. Selama operasi, kelenjar getah bening di sekitarnya juga dapat diangkat, jika kanker bisa menyebar ke area ini. Dalam beberapa kasus, payudara dapat direkonstruksi selama operasi kanker atau di lain waktu.

2. Radioterapi (Terapi Radiasi)

Radioterapi, juga dikenal sebagai terapi radiasi adalah pengobatan kanker payudara yang sangat efektif dan ditargetkan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ditemukan di payudara. Mungkin masih ada jejak sel kanker yang terjebak setelah operasi. Ini mengurangi risiko rekurensi sebesar 70%. Meskipun banyak orang takut metode pengobatan ini, terapi radiasi mudah ditoleransi. Efek samping hanya terbatas pada bagian yang dirawat. Pengobatan radiasi diawasi oleh ahli onkologi radiasi khusus, dokter kanker terapi radiasi.

3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker payudara yang menggunakan obat untuk menghancurkan dan melemahkan sel kanker di dalam tubuh. Ini menghancurkan sel di daerah kanker asli dan bahkan sel-sel yang mungkin telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Juga dikenal sebagai kemo, itu adalah terapi sistemik yang menggabungkan 2 atau lebih obat-obatan. Ini melewati aliran darah dan mempengaruhi seluruh tubuh.

Kemo digunakan untuk mengobati penyakit ini pada tahap awal. Ini menghilangkan jejak sel kanker yang mungkin telah tertinggal setelah operasi dan mengurangi risiko kekambuhan kanker. Ini juga digunakan untuk mengobati kanker pada stadium lanjut. Ini merusak atau menghancurkan sel-sel kanker. Dalam beberapa kasus, kemo diberikan untuk mengecilkan tumor sebelum operasi.

4. Terapi Hormon

Terapi hormon digunakan untuk bentuk hormon positif kanker payudara. Terapi hormon memblokir produksi estrogen dalam tubuh yang dapat mengecilkan hormon positif kanker payudara. Bentuk pengobatan ini lebih jarang daripada yang lain karena kanker payudara hormon positif tidak umum.

5. Terapi Bertarget

Terapi yang bertarget adalah pengobatan kanker payudara yang menargetkan karakteristik sel kanker tertentu, seperti protein memungkinkan sel-sel kanker untuk berkembang dan tumbuh dengan cara yang abnormal atau cepat. Dibandingkan dengan kemo, umumnya kurang cenderung membahayakan sel sehat dan normal. Terapi yang ditargetkan adalah antibodi yang bekerja persis seperti antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh kita. 3 terapi bertarget yang digunakan dokter untuk pengobatan kanker payudara adalah Avastin, Herceptin, dan Tykerb.

About The Author