4 Gangguan Pada Telinga Dan Cara Menjaga Telinga Anda Tetap Sehat

Gangguan Pada Telinga Dan Cara Menjaga Telinga Anda Tetap Sehat gambar 1

Ada Pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Jangan abaikan masalah telinga, tentu saja telinga tidak akan membaik tanpa perawatan yang tepat. Semakin lama Anda meninggalkan masalah telinga, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengobati.

Banyak situasi medis bisa menyebabkan persoalan ketika datang ke pendengaran Anda. Mengobati situasi sulit tersebut seringkali dapat memulihkan dan meningkatkan kecakapan pendengaran Anda. Apabila suatu keadaan tidak ditangani, Anda mungkin berakhir dengan gangguan pendengaran atau ketulian yang tidak bisa dibatalkan. Setiap kali Anda percaya bahwa Anda atau orang yang Anda cintai berurusan dengan masalah pendengaran, Anda bisa menentukan kesehatan pendengaran yang maksimal dengan mengunjungi profesional medis yang bermutu, langsung.

Gangguan Pada Telinga Dan Cara Menjaga Telinga Anda Tetap Sehat gambar 2

Gejala atau masalah yang muncul diantaranya:

1. Tinnitus

Tinnitus disebut sebagai dering di telinga atau kepala yang bisa berkisar dari raungan sampai suara klik keras untuk bersenandung atau berdengung. Sebagian besar waktu keadaan ini terjadi karena kerusakan ujung saraf sangat kecil di kuping/telinga bagian dalam. Penyebab utama tinnitus yaitu paparan yang terlalu lama terhadap bunyi keras. Menjaga kesehatan yang ideal dari ujung saraf ini benar benar penting untuk pendengaran yang bagus, jadi cedera pada mereka bisa menyebabkan gangguan pendengaran permanen dan tinnitus. Sebagai umur individu, umumnya terjadi peningkatan kerusakan pada saraf pendengaran, yang dapat menyebabkan tinnitus. Orang dengan tinnitus mungkin menemukan bantuan dengan perawatan medis atau alat bantu pendengaran.

2. Telinga perenang

Saat air terperangkap di dalam saluran kuping/telinga, dia dapat terinfeksi karena kuman atau bakteri. Karena lingkungan saluran telinga umumnya lembab dan hangat, bakteri atau kuman dapat terus berkembang biak, menyebabkan infeksi dan iritasi pada saluran telinga. Walaupun keadaan ini umumnya terjadi pada orang yang perenang, mandi dan mandi teratur juga dapat berkontribusi untuk telinga perenang. Dalam kasus yang parah, saluran telinga dapat membengkak, menyebabkan hilangnya pendengaran sementara. Ini bisa membuatnya benar benar sulit untuk memberikan obat. Oleh sebab itu, ketika rasa sakit atau gatal yang parah terjadi, yang terbaik yang terbaik adalah segera mencari perawatan medis.

3. Tahi/Kotoran Telinga

Kelenjar khusus di komponen luar kuping/telinga menciptakan kotoran telinga. Tujuan dari kotoran telinga ialah untuk menjebak debu dan kotoran di dalam saluran telinga, mencegah mereka dari membuat jalan mereka ke gendang telinga. Sifat asamnya juga mempertahankan keseimbangan pH yang pas di liang telinga, mengurangi kemungkinan infeksi. Lazimnya kotoran telinga menumpuk, mengering dan kemudian, jatuh dari kuping atau tersapu saat mandi. Salah satu metode termudah untuk mengobati sedikit gangguan pendengaran yaitu dengan menghilangkan kotoran yang terakumulasi di telinga. Memakai penyeka kapas mungkin hanya akan mendorong kotoran telinga lebih dalam ke saluran. Ini, pada gilirannya, meningkatkan penumpukan dan menyebabkan kehilangan pendengaran sementara karena penyumbatan di liang telinga. Penumpukan kotoran telinga kronis perlu dihapus oleh seorang profesional.

4. Gendang telinga berlubang

Ini terjadi ketika ada lubang di gendang telinga atau ruptur(robek/pecah)sudah terjadi. Biasanya, gendang kuping berlubang dihubungkan dengan penurunan pendengaran, namun juga bisa menyebabkan keluarnya cairan dari telinga dan nyeri secara keseluruhan. Tingkat kehilangan pendengaran yang dialami seseorang akan benar-benar bertumpu pada ukuran lubang serta lokasi perforasi. Ada saat-saat ketika gendang telinga akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ada contoh di mana operasi mungkin diperlukan. Jika ada air atau bakteri masuk ke rongga telinga tengah melalui lubang itu, komplikasi serius dapat terjadi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga air keluar dari telinga dengan gendang telinga yang berlubang. Penggunaan earplug(penutup/penyumbat telinga)yang dibuat khusus adalah cara paling aman untuk melakukan hal ini. Dokter dapat membantu memberi Anda saran tentang cara melindungi telinga Anda dari air atau bakteri yang masuk sampai lubangnya telah sembuh.

Bagaimana Cara Menjaga Telinga Anda Tetap Sehat?

Berikut ini beberapa kiat untuk menjaga telinga Anda tetap sehat:

1. Jangan pernah memasukkan apa pun ke kuping Anda. Lapisan telinga halus dan Anda bisa dengan gampang merusaknya.

2. Jangan gunakan korek kuping untuk membersihkan telinga Anda. Mereka dapat mengiritasi saluran telinga dan mendorong kotoran kembali ke dalam, sehingga lebih sulit untuk dihilangkan.

3. Untuk menjaga telinga tetap bersih, bersihkan bagian telinga yang terlihat dan di belakang telinga menggunakan sabun kecil. Lalu bersihkan sabun dengan jari-jari yang dibilas dan keringkan dengan handuk tipis

4. Jangan mencelupkan telinga Anda ke dalam air, karena bakteri tubuh dapat memasuki saluran telinga Anda dan dapat menyebabkan infeksi.

5. Cobalah setetes minyak zaitun di setiap telinga seminggu sekali untuk melembutkan kotoran telinga dan mendorongnya untuk keluar dari telinga secara alami.

6. Gunakan penutup telinga untuk melindungi telinga Anda dari debu dan suara keras/bising.

About The Author

Reply