4 Bahan Alami Ini Mampu Menghilangkan Komedo Membandel

Komedo adalah masalah lain yang sering menggangu kulit wajah selain jerawat. Meskipun tidak terlalu terlihat, komedo dianggap sangat mengganggu penampilan ketika wajah dilihat dari dekat.

hidung bersih tanpa komedo

Sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah akibat minyak berlebihan ini termasuk kedalam golongan jerawat ringan dengan dua jenis yang paling populer yaitu komedo terbuka (blackhead) yang berwarna hitam atau cokelat, dan komedo tertutup (whitehead) yang berwarna putih.

Buat kamu yang memiliki masalah komedo, ternyata ada penanganan yang mudah dan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasinya. Di bawah ini beberapa cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami!

 

tomat
Tomat mengandung likopen yang bersifat anti-oksidan, yang dipercaya ampuh untuk mencegah dan menghilangkan komedo karena mampu menangkal radikal bebas, dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan rutin menggunakan tomat sebagai masker wajah, pori-pori kulit juga akan mengecil sehingga bakteri tidak akan mudah masuk untuk membentuk komedo ataupun jerawat.

Caranya dengan membilas tomat hingga bersih lalu tumbuk halus atau blender, kemudian oleskan pada wajah secara merata (terutama pada bagian yang berkomedo). Diamkan selama 30 menit hingga masker tomat mengering, lalu bilaslah dengan air dingin. Keringkan dengan handuk yang bersih. Lakukan dengan rutin untuk hasil terbaik.

2. Lidah buaya

lidah buaya
Bahan alami yang satu ini memiliki segudang manfaat dan memang dikenal sangat populer untuk perawatan tubuh. Untuk yang memiliki kulit berminyak pasti sudah tidak asing lagi dengan khasiat-khasiat yang dimiliki lidah buaya. Mengandung saponin dan astrigent yang berfungsi sebagai zat anti-mikroba dan anti-bakteri, gel lidah buaya dapat menjadi bahan pengangkat lemak atau minyak penyebab jerawat dan komedo pada wajah yang ampuh dan aman.

Caranya, ambil daun lidah buaya secukupnya dan oleskan gel atau daging dari daun lidah buaya, kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah terutama ke daerah hidung dan dagu. Lakukan pijatan lembut di area wajah yang berkomedo untuk mempermudah pengangkatan komedo saat dibilas, dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air hingga bersih, keringkan dengan handuk yang lembut dan bersih.

3. Putih Telur

putih telur
Protein yang terkandung dalam putih telur dapat mengecilkan pori-pori yang terbuka di wajah. Kandungan magnesium yang terkandung dalam putih telur juga akan menyerap minyak berlebih. Kedua kandungan tersebut sudah pasti akan menghilangkan dan mengurangi komedo yang menempel pada wajah jika rutin digunakan sebagai masker.

Caranya, pisahkan 1 atau 2 putih telur dari kuning telur, lalu kocok dengan menggunakan garpu agar putih telur tidak terlalu kental. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

4. Lemon

lemon
Banyak sekali manfaat lemon yagn bisa kita peroleh, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Mengandung asam alfa hidroksi, buah lemon dapat mencegah komedo dan jerawat karena kandungan ini mampu menangkal radikal bebas hingga ke kulit bagian dalam. Asam sitrat dan astrigent yang terkandung dalam lemon juga akan mengecilkan pori-pori sehingga kotoran tidak mudah masuk.

Caranya cukup oleskan perasan lemon pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. atau cara lainnya, terlebih dahulu cuci muka dengan air hangat, lalu potong-potong lemon dan langsung gosokkan dengan lembut dan perlahan pada area yang berkomedo selama 3-5 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

About The Author

Reply