12 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Sangat Mengagumkan

Khasiat pisang untuk ibu hamil

Memastikan diet Anda tetap sehat sangat penting untuk pertumbuhan bayi Anda. Makan makanan kaya gizi seperti pisang dapat membantu Anda mengelola beberapa aspek kehamilan Anda. Pisang adalah salah satu buah yang baik bagi ibu hamil untuk diet dan camilan. Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin. Dalam pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Ini karena pisang memiliki rasa yang lezat dan rendah lemak. Di sini kita mengupas semua nutrisi yang ditemukan dalam buah pisang sepanjang waktu.

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Sangat Mengagumkan

1. Kaya Asam Folat

Seperti yang sering kita ketahui, manfaat asam folat penting bagi wanita hamil. Asam folat memainkan peran penting dalam perkembangan saraf, otak dan sumsum tulang belakang. Manfaat pisang bagi ibu hamil, untuk mencegah defisiensi asam folat menyebabkan bayi lahir prematur. Ia juga memiliki risiko cacat lahir.

2. Buah Pisang Untuk Anemia

Anemia pada wanita hamil adalah hal yang umum. Salah satu akibatnya adalah dapat menyebabkan komplikasi selama tahap akhir kehamilan dan persalinan. Sehingga membutuhkan manfaat zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Pisang mengandung rata-rata 3% zat besi dalam 225 gram pisang. Sehingga zat besi dalam pisang mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia.

3. Vitamin B6

Buah pisang mengandung vitamin B6 yang larut dalam air. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin. Dengan jumlah vitamin B6 yang tepat akan mengurangi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil pada trimester awal kehamilan (morning sickness). Jumlah vitamin B6 harian yang dibutuhkan untuk memenuhi ibu hamil adalah 1,9 miligram. Satu pisang sedang dapat mengandung 4 miligram.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin (zat darah merah)

Manfaat buah pisang bagi ibu hamil, memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Selain zat besi, pisang mengandung vitamin B6, yang berperan dalam neurotransmitter yang mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh.

5. Mengatasi Gangguan Sembelit

Sembelit dapat menjadi gangguan umum kehamilan. Pisang bisa mengurangi perut kembung dan dapat menghaluskan gerakan usus. Tanpa suplemen buatan, ibu hamil dapat meningkatkan asupan dalam diet ibu hamil. Ini karena pisang mengandung serat yang menyebabkan buang air besar membentuk tinja. Pisang mengandung 6 gram serat rata-rata setiap pisang.

6. Berkhasiat untuk Membantu Pencernaan

Wanita hamil sering mengalami sakit maag dan gangguan pencernaan selama kehamilan, itu akan menyebabkan janin tumbuh akan lebih banyak tekanan pada perut. Makan makanan sehat untuk ibu hamil, akan meringankan kesulitan ini. Pisang mengandung antasida yang akan menekan sekresi asam. Pisang juga kaya akan pektin yang membantu menormalkan pencernaan pada motilitas usus.

7. Pisang Sumber Kalsium

Kalsium umumnya dikenal untuk perkembangan tulang dan sistem rangka (skeletal) pada semua usia. Setiap 200 gram pisang mengandung 10 mg kalsium alami. Untuk saraf kalsium sendiri membantu dalam memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot dalam perkembangan janin di dalam rahim.

8. Pisang Sebagai Sumber Antioksidan

Vitamin C dalam pisang sangat tinggi, sebesar 33% pada setiap buah. Antioksidan yang dapat melawan proses penuaan untuk seorang ibu dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

9. Pisang Kaya Protein

Manfaat untuk ibu hamil pisang adalah buah yang kaya akan protein. Protein berfungsi sebagai sumber kalori dan juga untuk pembentukan antibodi untuk janin dan ibu. Camilan pisang adalah pilihan yang baik untuk wanita hamil, kekurangan protein dapat menyebabkan risiko bayi lahir dengan bibir sumbing. Protein alami dalam pisang adalah 2,5 gram per 225 gram pisang.

10. Penambah Nafsu Makan

Pisang mengandung protein, serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh wanita hamil menjadi sehat dan memiliki keinginan untuk makan. Setiap hari, ibu hamil harus makan banyak pisang untuk mendapatkan nafsu makan yang lebih baik.

11. Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Di dalam pisang mengandung komponen mineral seperti potasium, magnesium. Jadi pisang aman untuk ibu yang sedang menyusui. Manfaat pisang bagi ibu hamil secara teratur dapat membantu mengurangi kegemukan di perut. Ini karena pisang dapat membuat proses metabolisme berjalan lebih cepat. Selain itu, pisang dapat menghasilkan selaput yang melindungi usus, membantu menghancurkan racun dalam tubuh dan dapat merangsang untuk mencernanya lebih baik.

12. Pisang Kaya Akan Potasium

Potassium cukup penting dalam kehamilan. Satu pisang berukuran rata-rata menyediakan sekitar 400mg potasium. Seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 4.700mg sehari. Sumber lain dari potasium adalah alpukat.

Jadi singkatnya, pisang benar-benar bermanfaat untuk Anda saat hamil, menyediakan satu ton nutrisi penting yang tidak hanya akan membantu pertumbuhan bayi Anda tetapi juga memberi Anda energi ekstra yang Anda butuhkan untuk bepergian.

About The Author

Reply