11 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Yang Lebih Baik

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Yang Lebih Baik gambar 1

Pertanyaan:
Kenapa kamu makan tomat?

Menjawab:
Karena, Tomat membuat sup saya terlihat mendingan dan rasanya enak.

Itulah jawaban kebanyakan wanita yang kami ajukan pertanyaan di atas, sampai kami membiarkan mereka melihat alasan yang lebih kuat mengapa mereka harus makan tomat. Mereka telah makan tomat hanya karena mereka dibesarkan untuk melakukannya.

Apakah Anda termasuk di antara mereka?
Jika Anda menjawab baik ‘Ya’ atau ‘Tidak’ terus membaca dan Anda akan melihat alasan yang benar mengapa kita harus makan tomat.

Tomat (Solanum lycopersicum) adalah buah, tetapi dianggap sayuran karena tidak semanis buah-buahan lainnya. Tomat merupakan buah dengan manfaat kesehatan yang bagus untuk tubuh yang membantu mengurangi dan mencegah beberapa penyakit yang paling mengancam kehidupan. Meskipun ketersediaan terbatas karena musim pertumbuhan di masa lalu, tomat sekarang tersedia setiap tahun. Bahkan, jika Anda tidak dapat menemukan tomat segar, manfaat nutrisi dari makanan super ini dapat ditemukan dalam makanan olahan juga.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Yang Lebih Baik gambar 2

1. Bagus Untuk Jantung Anda

Tomat menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi tingkat kolesterol karena vitamin B dan potasiumnya. Tomat juga mencegah masalah jantung yang mengancam jiwa seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

2. Membantu Mencegah Kanker

Meski tidak semua jenis kanker tetapi kanker seperti kanker payudara, kolorektal, prostat dan perut. Ini karena lutein, zeaxanthin dan likopen tingkat tinggi yang merupakan antioksidan alami yang memiliki kemampuan untuk melawan sel penyebab kanker.

3. Lawan Peradangan

Quercetin dan kaempferol adalah dua flavonoid utama pada kulit tomat, yang memiliki kemampuan untuk melawan peradangan.

4. Membuat Rambut Lebih Sehat

Penampilan dan tekstur rambut Anda dapat ditingkatkan dengan meminum jus tomat. Jus tomat merevitalisasi pertumbuhan rambut dan memperkuat jumbai rambut.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Yang Lebih Baik gambar 3

5. Meningkatkan Kapasitas Untuk Membakar Lemak

Karnitin adalah asam amino yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kapasitas bagi tubuh untuk membakar lemak sekitar 30%. Tomat merangsang semua produksi karnitin.

6. Mengatasi Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Tomat memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Ketika Anda makan makanan yang tinggi kandungan serat dan air Anda akan memiliki gerakan usus yang teratur dan Anda akan terhidrasi pertempuran sembelit ini.

7. Sumber Serat Yang Baik

Selain vitamin, tomat juga merupakan sumber serat yang baik, yang dapat menurunkan kadar kolesterol, mengelola kadar gula darah dan membantu mencegah kanker usus besar. Serat bahkan membantu menjaga berat badan yang sehat.

8. Likopen (Zat Warna Merah Yang Terkandung Dalam Tomat)

Tomat mengandung lycopene, karotenoid dan antioksidan yang memberi warna pada tomat. Menurut beberapa penelitian, orang yang memiliki diet kaya tomat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker tertentu, terutama kanker perut, paru-paru atau prostat.

9. Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Tomat mentah – bersama dengan sayuran mentah lainnya seperti wortel, lobak, seledri – sangat bagus untuk menurunkan berat badan, karena tinggal di perut lebih lama.

10. Kaya Akan Vitamin A dan C

Vitamin A dan C pada tomat dapat membantu Anda menangkal penyakit karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam folat adalah nutrisi yang bagus untuk membantu Anda tetap kuat dan merasa baik.

11. Tulang sehat

Tomat berkontribusi terhadap pembentukan tulang yang sehat dan bahkan membantu menjaga pembuluh darah Anda cukup fleksibel. Ini karena tomat adalah sumber potasium sitrat dan vitamin k yang baik.

Sekarang Anda tahu manfaat tomat untuk kesehatan bagian dalam dan luar tubuh Anda. Buah ini akan berguna setiap hari jika Anda mengingat semua manfaatnya. Semoga Bermanfaat!

About The Author

Reply